Sumbar

Padang

Fajar Terkini

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

SD 30 Aia Dingin Dipersiapkan Sekolah Adiwiyata dan SDBS

Padang (fajar sumbar) - Sekolah Dasar (SD) 30 Aia Dingin, Kecamatan Koto Tangah, Padang akan dipersiapkan untuk penilaian sekolah Adiwiyata (berwawasan lingkungan) tingkat provinsi 2014 dan percontohan Sekolah Dasar Bersih dan Sehat (SDBS).

Berbagai sarana dan prasana telah dipersiapkan, mulai dari menata lingkungan, menanam bermacam jenis bunga, membuat kolam ikan, apotik hidup, green house dan berbagai sarana lainnya.

“SDN 30 Aia Dingin ini akan kami persiapkan untuk penilaian sekolah adiwiyata 2014 untuk tingkat provinsi dan sebagai sekolah percontohan SDBS tahun mendatang,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan, Kecamatan Koto Tangah, Mursid, Selasa (10/12).

Didampingi Kepala SD 30 Aia Dingin, Delfina, Mursid menambahkan sekolah yang diusulkan sekolah adiwiyata tersebut harus memiliki empat kecerdasan. Pertama cerdas akademik (IQ), spiritual (hubungan dengan Allah), imusional (hubungan antara guru dan murid) serta cerdas kinestetik (mempunyai keterampilan).

Menurut pandangan, kepala UPTD terbaik se-Kota Padang tahun lalu itu, semuanya telah dimiliki sekolah terletak di ujung timur Kecamatan Koto Tangah tersebut. “Saya optimis tahun depan SD 30 Aia Dingin ini  meraih predikat sekolah Adiwiyata dan layak dijadikan percontohan SDBS pada 2014,” ujarnya.

Selain menggiatkan Proses Belajar Mengajar (PBM), sekolah tersebut telah membentuk karakter siswa menuju generasi relegius. Para siswa khususnya kelas VI, setiap pagi melaksanakan shalat sunat dhuha dan shalat zuhur berjemaah.

“Mendukung program Walikota Fauzi Bahar, kita telah menanamkan kepada mereka nilai agama dengan menganjurkan shalat sunat dhuha setiap pagi di sekolah. Selain itu dianjurkan Maghrib serta Subuh mengaji. Alhamdulillah sudah banyak yang melakukannya. Tujuannya untuk membentuk generasi Qurani dan generasi beriman,” tambah dia.

Sementara itu, Delfina menambahkan, sekolah tersebut sudah jauh-jauh hari mempersiapkan sekolah adiwiyata dan SDBS. Keinginan itu pun didukung 17 guru, 353 murid serta walimurid.

Mulai menata pekarangan, ruangan kelas, buat taman yang ditanami berbagai jenis bunga, sehingga pekarangan terlihat lebih indah. “Penataan ini, kami lakukan dengan gotong royong dan dibantu wali murid,” tambahnya.

Menambah lebih semaraknya sekolah tersebut, kepala sekolah akan membuat terobosan dengan mengadakan perlombaan lokal terbersih. Bagi pemenang I, II dan III akan diberi piala. Penilaian itu, guru dan murid akan berlomba menjadikan lokal terbersih.

Pantauan Singgalang, tingginya kepedulian murid dan guru atas kebersihan, pekarangan sekolah tidak ditemukan sampah berserakan. Berbagai macam bunga sudah mulai mekar dengan berwarna warni yang tertata rapi, sehingga menambahkan keindahan pekarangan sekolah.(001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *