Sumbar

Kota Padang

Fajar Terkini

Jika Dinas Pariwisata Bersedia Menyediakan Tempat, Ikaboga Adakan Festival Kuliner Makanan Daerah Memeriahkan HPN


Padang (fajarsumbar.com) - Jika Dinas Pariwisata Padang mau bekerjasama, Ikatan Ahli Boga Indonesia (Ikaboga) Cabang Sumatera Barat akan mengadakan festival kuliner makanan khas daerah untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang bakal dipusatkan di Padang pada Februari mendatang.

“Kami hanya butuh tempat, jika Dinas Pariwisata Padang bersedia menyediakan lahan serta tenda, kami akan mengadakan festival kuliner makanan khas daerah Sumatera Barat untuk memeriahkan HPN,” jelas Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikaboga Sumbar, Martinneke kepada Singgalang, Minggu (7/1).



Menurutnya, Sumbar terdapat 13 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikaboga dan bersedia berpartisipasi menyemarakkan HPN yang bakal dibuka Presiden Joko Wododo dan direncanakan dihadiri 3 ribu lebih wartawan se-Indonesia. Puncaknya HPN pada 9 Februari mendatang.

“Kami sangat berharap Dinas Pariwisata Padang bersedia mendukung dengan menyediakan lahan dan tenda di sekitar objek wisata pantai Padang. Semua DPC sangat berkeinginan berpartisipasi memperkenalkan makanan khas daerah Sumbar kepada kalangan jurnalis,” tambah Martinneke.

Menurut rencana, bila keinginan itu berwujud, DPC Ikaboga akan menyajikan kuliner masing-masiing daerah. Di antaranya, pangek lapuak, katan durian, lamang tapai, salalauk dan banyak lagi makanan tradisional. Minum kawa daun dengan tempurung juga tidak ketinggalan bakal disajikan.

Semua kuliner tersebut akan difestivalkan dan diberikan gratis pada kalangan wartawan se-Indonesia yang ingin mencicipi makanan kuliner daerah Sumbar yang terkenal dengan ratusan kuliner yang tidak kalah lezatnya dari makanan modern.

Festival kuliner daerah tersebut sekaligus mengangkat nama Sumbar memanfaatkan potensi pangan daerah dengan mempolulerkan kuliner daerah. Hal itu juga dimaksudkan untuk memikat wisatawan agar berkunjung ke Sumbar untuk mencicipi kuliner Ranah Minang.

Martinneke menyebutkan, DPD Ikaboga bakal merancang festival tersebut semeriah mungkin yang didukung 13 DPC yang tersebar di sejumlah kabupaten dan kota. “Festival itu disain seapik mungkin, sehingga memancing minat para tamu untuk mencicipinya sambil menggaet mereka menikmati keindahan pantai Padang,” jelasnya.

Sementara itu, Kapala Dinas Pariwisata Padang, Medi Iswandi yang dihubungi Singgalang, Minggu (7/1) perihal keinginan Ikaboga Sumbar tersebut menyebutkan, pada prinsipnya ia menyetujuinya. Tapi semua rundown acara itu diatur pemerintah provinsi. “Jika pemerintah provinsi bisa mengizinkan dan memasukkan ke dalam rundown dalam rangkaian acara, kami bakal mengizinkannya,” tambah Medi. (fs-001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *