Sumbar

Padang

Fajar Terkini

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Rapor Polres Tanah Datar Merah

Padang (fajar sumbar.com) - Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat telah menyerahkan hasil penilain kepatuhan layanan publik untuk lima Polres di lingkungan Polda Sumbar ke pusat. Hasilnya, dari lima yang dinilai, Polres Sawahlunto terbaik dan Tanah Datar dapat nilai merah untuk layanan SKCK.

Pj Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi, dalam rilisnya, Kamis (4/1) menyebut, penyerahan dilakukan bersamaan dengan video conference penyampaian hasil kepatuhan layanan publik kepolisian oleh Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, disaksikan oleh seluruh Polda di Indonesia. 

“Khusus untuk Polda Sumatera Barat, hasilnya telah kami serahkan kemarin, Rabu (03/01) kepada Wakapolda Brigjen Pol Bayu Wisnumurti, didampingi Irwasda Polda Sumbar, Kombes Pol. Dody Marsidy dan beberapa pejabat utama Polda Sumbar,” kata dia.

Penilai dilakukan di Polres Tanah Datar, Padang Pariaman, Pasaman Barat, Payakumbuh dan Kota Sawahlunto.

Prosesnya, periode bulan Mei hingga Juli 2017 Ombudsman mendatangi Satpas SIM dan Sat Intelkam guna melihat ketersediaan standar layanan layanan publik dalam pengurusan SIM dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

“Kami datang, tanpa memberitau sebelumnya,” kata dia.

Variabel yang dilihat tarif, syarat, lama pengurusan, mekanisme/prosedur, sarana layanan, termasuk sarana layanan untuk masyarat yang berkebutuhan khusus.

Selain itu, melihat bagaimana sarana layanan aduan internal bekerja, ketersediaan maklumat layanan, visi, misi dan moto.

Vaiable dibobot dengan ketentuan akumulasi rendah (merah), sedang (kuning) dan tiggi (hijau)
Hasilnya, ada empat urusan layanan yang hijau, enam kuning, satu urusan yang merah yakni, pelayanan SKCK di Polres Tanah Datar.

Peringkat terbaik diraih oleh Polres Sawahlunto, urusan SIM dan SKCK dengan predikat hijau. 

Karena itu disarankan pada Kapolda Sumbar, memberikan apresiasi (award) kepada pimpinan unit pelayanan publik yang produk layanannya mendapatkan zona hijau dengan predikat kepatuhan tinggi. Apresiasi sebagai bentuk penghargaan atas segala upaya dan komitmen pimpinan unit memenuhi komponen standar pelayanan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Memberikan teguran dan mendorong implementasi standar pelayanan publik kepada para pimpinan unit pelayanan publik yang produk layanannya mendapatkan zona kuning dengan predikat kepatuhan sedang dan zona merah dengan predikat kepatuhan rendah.

Menyelenggarakan program secara sistematis dan mandiri untuk mempercepat implementasi standar pelayanan publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 di lingkungan Kepolisian Daerah Sumatera Barat.

Adel berharap, hasil penilai ini dapat menjadi sumbangan Ombudsman untuk Polri yang lebih baik, sesuai dengan cita-cita Kapolri, Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter). (fs-001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *