Sumbar

Kota Padang

Fajar Terkini

Tiga Pasangan Bakal Mendaftar

PADANG (fajarsumbar.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang telah membuka pendaftaran calon walikota dan wakil walikota untuk Pilkada 2018 mendatang, sejak Senin (8/1). Hari pertama kemarin, belum satupun pasangan calon yang mendaftar. Tapi, tiga pasangan mengkonfirmasi bakal ikut berlaga.

“Masih belum ada yang datang,” kata Ketua Divisi Hukum KPU Padang Riki Eka Putra, Senin (8/1).
Dikatakan, pada kemarin itu, baru sebatas penghubung para pasangan calon yang mendatangi KPU untuk menyampaikan dan mengkonfirmasi jadwal pendaftaran bakal calon masing-masing.

“Sudah ada tiga pasangan yang mengkonfirmasi akan melakukan pendaftaran dan sudah memasukkan suratnya ke KPU,” katanya.

Pasangan yang sudah mengkonfirmasi jadwalnya ke KPU adalah pasangan Emzalmi-Desri Ayunda yang rencananya akan mendaftar, Selasa (9/1) ini. 

Lalu ada pasangan perseorangan suami istri Syamsuar Syam-Misliza juga akan melakukan pendaftaran pada hari yang sama. 

Sementara pasangan Mahyeldi-Hendri Septa mengkonfirmasi jadwal akan mendaftar pada Rabu (10/1).

“Penghubung para kandidat sudah mendatangi KPU adan menyampaikan jadwal rencana pendaftaran,” lanjutnya.

Sebelumnya, diberitakan, KPU Kota Padang akan membuka pendaftaran pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota untuk Pilkada Padang 2018 mendatang mulai Senin (8/1) hingga Rabu (10/1). “Itu sudah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan,” kata Ketua KPU Padang M. Sawati.
Untuk pendaftaran itu, katanya, pada dua hari pertama, Senin dan Selasa akan dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Khusus hari terakhir pada Rabu, pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 24.00 WIB untuk memberi ruang kepada para bakal calon mendaftarkan dirinya.

Penerimaan pendaftaran akan dilakukan di kantor KPU Kota Padang Jl. Syekh Umar Khalil No. 42 A Lapau Baanjuang Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji Padang.

Ia mengatakan, penerimaan pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota Padang periode 2018-2023 tersebut bisa yang diusung oleh partai politik dan perseorangan. 

Bagi calon yang diusung parpol, jelasnya, minimal memiliki 25 persen jumlah kursi di DPRD Padang, atau dengan kata lain sebanyak 9 kursi. Sedangkan untuk perorangan bakal calon walikota harus mengantongi 41.116 dukungan.

Dari ketiga pasangan calon yang sudah mengkonfirmasi jadwal pendaftaran itu, dua pasang diusung partai politik dan satu pasang perseorangan. Pasangan Mahyeldi-Hendri Septa diusung koalisi PKS-PAN dengan kekuatan 11 kursi DPRD Padang.

Sementara Emzalmi-Desri Ayunda diusung delapan partai politik yakni PDI-P, Golkar, Gerindra, Demokrat, Nasdem, Hanura, PPP dan PKB dengan jumlah 33 kursi DPRD Padang. 
Selain partai yang sudah punya kursi di DPRD, dua partai baru yakni Perindo dan PSI juga merapat mendukung pasangan ini.

“Kabarnya PBB yang memilik 1 kursi juga bakal bergabung, namun kita belum mendapat konfirmasi,” kata salah seorang tim pemenangan Emzalmi-Desri. (fs-001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *