Fajar Terkini

Padang

Sumbar

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Wartawan Sumbar Ikuti Pelatihan. AMT Dapat Mengenal Diri Sendiri

Padang (fajar sumbar) - Melalui pelatihan Achievement Motivation Training (AMT) seseorang dapat mengenal diri sendiri. Peserta sebelumnya belum mengenal siapa dirinya, setelah pelatihan mereka mengerti siapa dirinya sebenarnya. Begitu banyak kelemahan, kekurangan dan masih banyak pula potensi yang dimiliki yang belum disalurkan.

Hal tersebut terungkap saat para wartawan dari berbagai media di Sumbar mengikuti pelatihan AMT yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar dari 19-24 November di Hotel Rocky, Padang. Kegiatan selama lima hari itu sangat baik untuk mengenali, pengembangan dan memotivasi diri agar lebih bersemangat untuk meraih prestasi. AMT itu diikuti 50 para jurnalis dan ditutup, Jumat (24/11).

Fasilitator Khairunnnas, Almido dan Rosi tanpa disadari berhasil ‘menelanjangi’ para wartawan. Meski selama pelatihan hanya bermain lempar gelang, buat kapal dari bahan kertas, mengisi kuisioner dan membuat cerita kayal, tapi mereka bisa mengetahui watak seseorang. Begitu begitu juga potensi-potensi dimiliki peserta.

Setelah menyelesaikan semua permainan itu, para insutruktur menuangkan ke dalam grafik dan menjelaskannya dan membaca grafik yang dibagikan ke masing-masing peserta. Al hasilnya peserta baru mengatahui siapa dirinya sebenarnya.  “Instruktur iko lah menelanjangi kami semuanya, meski hanya dalam permainan ringan, lempar gelang, main kapal-kapal dari kertas dan membuat cerita kayal, mereka berhasil mengungkap watak kami sebenarnya. Aplaus buat instruktur,” ujar Yasrizal salah seorang peserta dengan jujur.

Hal sama juga diakui peserta lainnya, mereka tidak banyak yang membantah, meski ada juga kurang ‘srek’ dengan hasilnya. Tapi hanya sekian persen dari peserta saja. “Baru kita tahu beginilah watak kita sebenarnya, sebelumnya kita hanya mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan orang lain dan tidak mengetahui kekurangan serta kelemahan yang kita miliki,” ciloteh wartawan lainnya.

Pada penutupan AMT tersebut, para peserta mengungkapkan banyak kesan positif yang dilontarkan. Pada masing-masing peserta diberikan kesempatan berbicara memberikan tanggapan tentang AMT tersebut. Semua mendukung dan berharap jangan satu kali ini pelatihan itu diberikan kepada wartawan, ada kelanjutan kelas berikutnya untuk tahun depan dengan peserta jurnalis lainnya. Sebelum penutupan masing-masing peserta juga mengikrarkan untuk keberhasilannya lima tahun ke depan dan juga berikrar selamat datang di peta fikir baru.

Rusdi Bais mewakili seluruh peserta juga memberikan apresiasi AMT tersebut. Ia berharap setelah mengetahui apa kelemahan dan potensi dimiliki agar bisa berbenah diri ke depan. Jangan mudah terjebak, harus menganalisasi semua persoalan dan begitu juga tugas yang diberikan. Jangan sampai bondong aia, bondong dadak. “Sekarang bulan sabit, lima tahun ke depan harus bulan purnama. Artinya kita harus berhasil apa yang kita-kita cita-citakan ke depan,” ujar Rusdi Bais yang disambut aplusan peserta lainnya.

Sementara, Rosi salah seorang instruktur menyebutkan, selain banyak potensi yang dimiliki para wartawan, juga masih banyak kekurangan dan kelemahan. Sebab masih banyak yang belum menganalisa berbagai persoalan, sehingga mudah terjebak.  “AMT ini bukan menilai kepribadian seseorang, akan tetapi untuk membantu mengembangkan motivasi untuk berprestasi. AMT ini suatu dorongan dalam diri seseorang yang membuatnya lebih mengenal siapa dirinya begitu juga mengenal karakter yang selama ini ia belum mengetahuinya,” jelas dia.

Dalam dunia kerja AMT didesain untuk membantu upaya meningkatkan kemampuan dalam hal memotivasi diri secara efektif. Karyawan yang mampu menumbuhkan motivasi kerja sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Adanya kemampuan itu, akan terpupuk semangat dalam beprestasi dan terus berusaha untuk memetik hasil terbaik.

Ketua PWI Sumbar, yang diwakili Sukri Umar, menyambut positif AMT untuk wartawan Sumbar tersebut, karena bagus sekali membentuk wartawan profesional. “Saya berharap jangan kali ini saja AMT untuk kalangan wartawan, saya harap ada kelas selanjutnya,” ujar Sukri mengaku juga alumni AMT 12 tahun yang lalu.

Kepala UPTD BPPD mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Wilson saat penutupan kegiatan tersebut menyebutkan, dengan adanya AMT tersebut bisa merubah pola fikir dan menambah keprofesionalnya ke depan. “AMT ini dapat memotivasi dan mengembangkan diri masing-masing. Selain menggali potensi serta menemukan faktor kekuatan dan kelemahan pada setiap individu,” tutupnya.(001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *