Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Lurah Flamboyan Baru Dinilai Tim

Padang (fajarsumbar.com) - Setelah masuk nominasi pada Lomba Kompetensi Lurah (LKL) 2018 tingkat Kota Padang, Lurah Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, Ermawati dinilai tim. Penilaian lapangan dilaksanakan di kantor lurah setempat, Selasa (20/2).

Lomba kompetensi lurah dimaksudkan meningkatkan motivasi lurah melaksanakan rutinitas seharian, sekaligus untuk memberikan pembinaan kepada lurah yang merupakan ujung tombak pemerintahan kota melayani masyarakat.

Ermawati, satu dari tiga lurah yang masuk nominasi pada KLK 2018 tingkat Kota Padang. Selain Ermawati, juga Lurah Gunung Pangilun, Andi Amir dan Lurah Padang Basi, Syulastri. Kedua lurah tersebut bakal dinilai ke lapangan oleh tim juri hari berikutnya.

Camat Padang Barat, Eri Sendjaya menyebutkan, Lurah Flamboyan Baru Ermawati merupakan lurah terbaik di kecamatan tersebut. "Lurah Ermawati ini, lurah yang masak di batang," ujar Eri Sendjaya.

Camat memberikan apresiasi kepada lurah Ermawati yang merupakan lurah terbaik di Padang Barat. "Saya berharap Ermawati terpilih mewakili Padang ke tingkat provinsi pada lomba lurah berprestasi 2018," tambahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan salah seorang anggota DPRD Padang daerah pemilihan Padang Barat, Azirwan dan Ketua LPM, Bahrum Manurung. Mereka juga menilai Ermawati merupakan lurah yang terbaik di Padang Barat saat ini. "Selain lurah yang terbaik Flamboyan Baru juga kelurahan yang terbaik di tingkat Padang pada 2018 ini yang bakal dinilai tim provinsi," tambahnya.

Sementara itu, ketua tim penilai KLK tingkat Kota Padang, Sultani Wirman mengatakan penilaian kelurahan berprestasi dimaksudkan untuk memberikan pembinaan kepada lurah, sehingga mereka bekerja sesuai koridor yang telah diatur dalam UU 23 tahun 2014. "Selain penilaian, para lurah ini diberikan pembinaan, sehingga mereka mengetahui tupoksinya sebagai lurah," tambah Sultani yang mengaku pernah menjadi lurah tersebut.

Dalam penilaian tersebut, Sultani datang bersama tim, Rukayah Anwar (sekretaris), Suardi Z Dt. Rajo Basa, Darmansyah Siroen dan Andri (anggota). Tim tersebut menilai ke lapangan untuk mencocokan apakah saat penilai ekpose lurah di hadapan tim beberapa waktu lalu, benar adanya dan bukan rekasaya.

"Saya berikan apresiasi kepada Lurah Flamboyan Baru, Ermawati, yang masuk nominasi penilaian lurah berprestasi tingkat Kota Padang 2018. Saya harap tidak saja sampai di sini, bisa pula melaju untuk penilaian lurah ke tingkat provinsi," tambahnya.

Penilaian kompetensi lurah tersebut, tiap tahun dilaksanakan di Kota Padang. Hal itu dimaksudkan untuk memilih lurah yang terbaik. Penilaian yang dilakukan secara berjenjang itu selain penilaian juga diberikan pembinaan, sehingga mereka mengerti tupoksi saat melaksanakan tugas.

"Adanya penilaian ini, saya berharap kepada lurah bisa mengembangkan karirnya ke depan. Saya juga berharap dari lurah ini bisa melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas. Tidak saja dari lurah, tapi bisa pula jadi kepala daerah. Misalnya jadi bupati, walikota dan gubernur tidak tertutup kemungkinan jadi menteri," tambahnya.

Selanjutnya, penilaian lapangan tersebut, masing-masing tim mewawancarai warga, tokoh masyarakat, tokoh adat dan lainnya yang dibagi per kelompok. Hal itu untuk mencocokan apakah presentasi dan hasil wawancara lurah dengan tim penilai cocok yang diaplikasikan di lapangan.

Adapun indikator penilaian, aspek penyelenggaraan pemerintahan, pengembangan ekonomi, pengentasan kemiskinan, pengembangan dan pelestarian nilai-nilai adat, budaya serta agama. Selanjutnya pemberdayaan masyarakat dan  aspek pengelolaan administrasi pemerintahan kelurahan.(fs-001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *