Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Padang Kembali Targetkan Raih Piala Adipura

Padang (fajarsumbar.com) - Padang kembali targetkan meraih piala Adipura pada 2018. Menghadapi penilaian itu Padang tidak mempersiapkannya secara khusus, sebab dianggap sudah pekerjaan rutin.

"Kami tidak mempersiapkannya secara khusus penilaian Adipura ini, sebab meski tidak ada penilaian, petugas tetap bekerja membersihkan Kota Padang dan sudah pekerjaan rutinitas," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Al Amin, Rabu (28/2).

Menurutnya, penilaian piala Adipura tersebut sudah dimulai sejak 21 Februari - 21 Maret. Tim dari pusat datang tiba-tiba dan mereka sendiri yang menentukan objek pantau. "Tim penilai itu datang tidak diketahui, kadang-kadang bila mereka mau balik, baru dikasih tahu melalui telepon," aku Al Amin.

Penilaiannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya Padang yang menentukan objek pantau yang akan dinilai tim pusat. Namun kali ini berbeda, merekalah yang menentukannya, objek mana yang akan dinilai.

Penilaian seperti itu, menurut Al Amin dinilai sangat positif, sehingga tidak ada kesan piala Adipura itu diraih hasil rekayasa, tapi murni atas kebersihan kota.

Menurutnya, petugas kebersihan tiap hari berjibaku membersihkan kota, bukan saja untuk menghadapi penilaian Adipura saja, tapi sudah menjadi pekerjaan rutinitas. "Jadi kami tidak ada mempersiapkan khusus untuk menghadapi  penilaian ini, karena sudah menjadi pekerjaan rutinitas seharian," tambahnya.

Menurutnya, Objek pantau pada penilaian, di antaranya pasar-pasar, stasiun, jalan, perkantoran, komplek perumahan dan lainnya. Petugas akan selalu melakukan pembenahan dan meningkatkan kebersihan lingkungan di wilayah tersebut.

Al Amin berharap, dukungan dan peran aktif  seluruh elemen masyarakat menjaga kebersihan dan ketertiban kota. “Semua kerja keras kami ini tak akan berarti, tanpa dukungan dari semua elemen masyarakat. Karena itu, kami minta dukungan dan peran aktif masyarakat, agar menjaga kebersihan dan ketertiban, sehingga Piala Adipura dapat kita raih kembali,” ujarnya.

Menyinggung adanya petugas kebersihan di TPA Aia Dingin melarang fotografer mengambil gambar di lokasi tersebut, Al Amin menjelaskan, bukan melarang. Tapi meminta pengerjaan pada pewarta foto untuk saat ini tidak mengambil foto TPA untuk diterbitkan di koran, karena bisa menghambat Padang kembali raih adipura. 

Kurangi sampah plastik
Demi mengurangi sampah plastik, Pjs Walikota Padang, Alwis mengeluar surat edaran. Seluruh kantor di lingkungan Pemko Padang, bila rapat harus bebas dari kemasan plastik.Sebagaimana surat edaran bernomor;660/DLH-Pdg/2018 tentang penyediaan hidangan rapat bebas kemasan plastik. 

Surat itu menindaklanjuti surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Surat edaran itu bernomor:SE.3/UM/RT/SET.1/2/2018 tanggal 26 Februari 2018.

Surat edaran itu dalam rangka mendukung kebijakan nasional tentang pengelolaan pengurangan sampah plastik di lingkungan  perkantoran. Setiap hidangan rapat (snack dan minuman) yang tidak menggunakan pembungkus plastik.(fs-001)
x

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *