Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

PUNCAK HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL 2018 Pelajar dan ASN Padang Goro

Padang (fajarsumbar.com) - Ratusan pelajar dan aparatur sipil negara (ASN) Kota Padang melakukan aksi bersih-bersih di sekolah dan kantor pemerintahan pada perayaan puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 di Kota Padang, Rabu (21/2).

Pada aksi bersih-bersih tersebut, Pemko Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) selalu mengajak warga dan pelajar agar selalu menjaga lingkungan bersih.

Kepala DLH Padang, Al Amin kepada Singgalang, Rabu (21/2) menyebutkan, goro massal di setiap sekolah dan perkantoran pemerintah tersebut dalam rangka puncak peringatan HPSN 2018 di Padang.  "Goro itu selain untuk memperingati HPSN di Padang juga untuk mengajak siswa dan ASN agar selalu menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Al Amin didampingi Kabid Pengembangan Komunikasi dan Kelembagaan Lingkungan, Titin Masfetrin menyebutkan, pada goro tersebut DLH menurunkan 250 personel.
Sebelumnya, Pemko melalui DLH Padang pada pencanangan HPSN 2018 juga telah goro membersihkan bantaran sungai sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan pedagang di pinggiran sungai.

"Dalam memperingati HPSN 2018 Pemko Padang melalui DLH telah melakukan berbagai kegiatan, goro membersihkan sungai, sekaligus memberikan sosialisasi kepada warga serta pedagang agar selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke dalam sungai," ujarnya.

Momentum peringatan HPSN merupakan waktu yang tepat untuk melakukan tindakan yang terarah, serta aktualitas gerakan bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan Padang bersih.

Pada pencanangan HPSN di Padang tersebut, Pemko telah melaunching Program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS).

Untuk menimalisir volume sampah terutama sampah plastik di Padang, DLH membagi-bagikan tas belanja kepada ibu rumah tangga. Pembagian tas belanja itu saat pencanangan HPSN di bawah Jembatan Siti Nurbahaya dan dilanjutkan di sejumlah pasar dan di tempat keramaian di Padang beberapa waktu lalu. Jumlah tas belanja diberikan lebih kurang 2 ribu tas. Pembagian tas belanja itu atas kerjasama DLH dengan BNI.

Pembagian tas belanja itu juga salah satu mendukung program pemko "Tiga Bulan Bersih Sampah" (21 Januari - 21 April).  Selain memberikan tas belanja kepada ibu rumah tangga DLH juga melakukan kampanye dan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarangan tempat demi menjaga kebersihan kota.

Lomba K-3
Dalam memperingati HPSN, Pemko akan mengadakan lomba Kebersihan Ketertiban dan Keindahan (K-3). Lomba tersebut dalam rangka pelaksanaan program TBBS. Lomba K-3 dan taman se-Kota Padang tersebut ada empat ketegori. Lomba masjid, kantor pemerintah di lingkungan pemko Padang, kantor non pemerintah dan kantor lurah. Semuanya yang dilombakan itu harus berwawasan lingkungan.

Sementara kriteria penilaian lomba K-3, pengelolaan sampah, ruang terbuka hijau, kebersihan lingkungan. Pengolahan sampah, ada sarana, pemilihan dan pengolahan. Ruang terbuka hijau, ketersediaan pohon, ketersediaan paving block, lobang biopori dan sumur resapan, penghijauan di dalam dan luar ruangan.(fs-001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *