Sumbar

Padang

Fajar Terkini

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ratusan Qori dan Qoriah Bersaing Jadi Terbaik

Walikota pukul bedug tanda dibukanya MTQ ke-38
Padang (fajarsumbar.com) - Ratusan qori dan qoriah se-Kecamatan Koto Tangah bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 tingkat Kecamatan Koto Tangah yang dihelat Minggu - Selasa (11-13/2).


Iven keagamaan yang dibentang sekali dua tahun di kecamatan yang terpadat penduduknya di Kota Padang tersebut dituanrumahi Kelurahan Lubuk Buaya. Qori dan qoriah utusan 13 kelurahan itu sekaligus seleksi untuk dipersiapkan mewakili Koto Tangah pada MTQ ke-38 tingkat Padang, yang bakal digelar Agustus mendatang.




Alek keagamaan yang diadakan untuk memasyarakatkan Alquran tersebut diikuti 468 qori dan qoriah yang tersebar di 13 kelurahan. Mereka merupakan duta terbaik yang merupakan hasil seleksi di tingkat kelurahan. Para qori dan qoriah tersebut siap mempersembahkan medali emas untuk masing-masing kontingen, dan sekaligus bertekad merebut juara umum pada MTQ ke-37 lalu yang direbut Kelurahan Pasia Nan Tigo.

MTQ nasional ke-38 tersebut dibuka Walikota Padang, Manyeldi Ansharullah, Minggu (11/2) yang dipusatkan di halaman kantor camat. Terlihat hadir para beberapa anggota DPRD dapil Koto Tangah, kepala OPD, Forkompimka, ninik mamak, tokoh masyarakat dan lainnya.

Sebelum dibuka MTQ tersebut, kegiatan itu didahulu pawai ta’aruf, star di Masjid Al Amin, Kelurahan Lubuk Buaya dan finis di halaman kantor camat Koto Tangah. Pawai lebih kurang sepanjang tiga kilometer tersebut diikuti ribuan peserta dari 13 kelurahan. Mereka menampilkan berbagai atribut dan alat kesenian untuk memeriahkan lomba MTQ tersebut. Kegiatan itu bakal ditutup, Selasa (13/2) malam di halaman kantor  camat yang sekaligus dijadikan mimbar utamanya.
Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah memuji pembukaan MTQ itu, karena pada saat pawai takruf diikuti ribuan peserta dengan berbagai atribut.

“Saya salut dengan warga Koto Tangah yang dipimpin Pak Syahrul ini. Mereka sangat kompak dan bersatu untuk menyemarakkan syiar agama Islam ini. Mari kita selalu menjaga kekompakan ini, sehingga selalu rukun dan damai,” puji Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, MTQ yang dilaksa nakan sekali dua tahun tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai agama di tengah-tengah masyarakat. Begitu juga untuk men dorong umat muslim mencintai Alquran. “MTQ ini bukan saja mencari qori dan qoriah yang terbaik, namun yang lebih penting bagaimana menanamkankandungan Alquran di tengah masyarakat,” tambahnya.

Pada iven yang diadakan secara  berjenjang mulai dari kelurahan, kecamatan terus ke tingkat kota dan provinsi dan nasional itu, Mahyeldi berpesan Koto Tangah yang merupakan gudang qori dan qoriah bisa mempertahankan pres tasi, bahkan tidak tertutup kemungkinan menjadi juara umum pada MTQ ke-38 tingkat kota yang bakal dihelat pada Agustus mendatang. “Kafilah Padang selalu juara umum MTQ tingkat provinsi, saya berharap qori dan qoriah yang meraih prestasi di tingkat provinsi itu berasal dari Kecamatan Koto Tangah,” tambahnya.

Pujian yang sama juga dilontarkan Kakankemenag Padang dan Ketua KAN Koto Tangah, H. Ahlidir Datuak Mudo. Mereka juga memuji kesiapan dan kekompakan warga Koto Tangah dalam pelaksanaan MTQ tersebut.

Camat Koto Tangah, Syahrul menyebutkan, kemeriahkan MTQ ke-38 tersebut tidak lepas dari kerja sama semua pihak, terutama forkompimka, kepala KUA, tokoh masyarakat, KAN dan lainnya. “Saya mengucapkan terima kasih seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi atas terlaksananya MTQ ke-38 ini,” ujarnya.

Syahrul berharap, selain sukses pelaksanaan MTQ, qori dan qoriah Koto Tangah juga bertekad menjadi juara umum pada MTQ ke-38 tingkat Kota Padang.  “Kami berupaya semaksimal mungkin mem persiapkan qori dan qoriah yang terbaik kelurahan dengan harapan nanti bisa meraih juara umum pada MTQ ke-38 tingkat Padang,” tambahnya optimis.

Ketua pelaksana yang juga Lurah Lubuk Buaya, Rudi Zuber menyebutkan, MTQ tersebut diikuti 468 qori dan qoriah yang tersebar di 13 kelurahan. Kegiatan itu dilangsungkan 11-13 Februari dengan beberapa lokasi. Masjid Nurus Sakinah, Al Furqan, Al Aqsha,  Al Iman, Mufhlihun dan Masjid Al Amin. Ditambah mimbar utamanya di halaman kantor camat Koto Tangah.

Cabang yang dipertandingkan, tilawah dewasa, remaja, anak-anak dan tilawah TK. Tahfiz 1 juz tilawah, tahfiz 1 juz non tilawah, tartil umum, tartil menengah, fahmil Quran, Syarhil Quran serta cabang khutbah Jumat.

Di penghujung pembukaan seusai pelantikan dewan juri, Lurah Pasia Nan Tigo, Alizar yang sebelumnya kelurahannya juara umum MTQ ke-37 tingkat kecamatan menyerahkan piala bergilir ke camat, kemudian Camat Syahrul menyerahkan piala tersebut ke panitia untuk diperebutkan kembali.
(fs-001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *