Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Tiga Pjs. Walikota Ditetapkan

Padang (fajarsumbar.com) - Tiga penjabat sementara (Pjs) untuk tiga kota yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) ditetapkan. Dari empat kota yang menghelat Pilkada di Sumbar hanya tiga yang memerlukan Pjs, satu lagi Kota Pariaman peta hananya tidak maju lagi.


Penjabat yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri untuk tiga daerah tersebut sesuai yang diberitakan sebelumnya. Untuk Padang diisi Alwis, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar.

Kemudian di Padang Panjang akan dijabat oleh Irwan, yang sekarang menjabat Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sumbar. Sementara untuk  Sawahlunto ditunjuk Abdul Gafar yang sekarang Kepala Dinas Sosial Sumbar.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov, Iqbal Rama Dipayana mengatakan, Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan surat keputusan (SK) terkait Pjs. Namun surat dimaksud secara fisik belum sampai ke Padang.

“Anggota Biro Pemerintahan sudah ada yang menjemput SK di Kementerian Dalam Negeri. SK-nya sudah di tangan, namun belum sampai ke Padang. Besok pasti sampai, lalu bisa diumumkan,” ungkapnya, Senin (12/2).

Iqbal menjelaskan, kendati telah ditetapkan sebagai calon, petahana yang berlaga dalam Pilkada masih bisa memimpin sampai 14 Februari. Selanjutnya mulai 15 Februari, seiring dengan dimulainya tahap kampanye, petahana harus sudah cuti di luar tanggungan negara. Posisi mereka sebagai kepala daerah digantikan oleh Pjs.

Untuk diketahui, Pilkada serentak di Sumbar dilaksanakan di Padang, Pariaman, Padang Panjang, dan Sawahlunto. Hanya Kota Pariaman yang tetap dipimpin Walikota definitif, sebab tak ikut serta dalam pemilihan, karena sudah dua periode menjabat. Sementara di tiga kota lainnya, walikota dan wakilnya kembali mencalonkan diri. Di Pariaman, yang cuti hanya wakil walikotanya Genius Umar, karena ikut berlaga sebagai calon walikota.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) masing-masing kota telah menetapkan calon kepala daerah yang akan berlaga dalam pilkada serentak di Kota Padang, Kota Pariaman, Sawahlunto dan Padang Panjang.

Alwis sebelumnya, pernah menjadi Pj. Bupati Pesisir Selatan pada 2015, saat pelaksanaan Pilkada serentak 2015. Meski dia memimpin di daerah cukup panas terkait pilkada, tapi Alwis sukses mengemban amanah tersebut. Pilkada sukses, jalannya roda pemerintahan juga berjalan sebagaimana mestinya.

Begitu pula Abdul Gafar. Pernah pula dipercaya menjadi Pj. Walikota Bukittinggi saat pilkada 2015. Bahkan di kota ini, juga cukup panas yang diikuti pasangan calon terbanyak di Sumbar. Tapi Abdul Gafar juga sukses mengemban tugas tersebut dengan mulus.
Kedua pejabat senior dan berpengalaman ini diharapkan banyak pihak, sukses pula mengemban tugas mulia tapi berat itu. (*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *