Fajar Terkini

Padang

Sumbar

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Disnakertrin Padang Diserbu Pencaker

Padang (fajarsum
bar.com) - Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakertrin) Padang diserbu para pencari kerja. Hal itu berkaitan dengan banyak lowongan pekerjaan yang dibuka berbagai perusahaan dan BUMN, BUMD serta persiapan dibukanya lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Sejak banyaknya lowongan untuk menampung tenaga kerja berbagai perusahaan, di antaranya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan BUMD dan akan dibukanya lowongan CPNS dalam waktu dekat ini, kantor tersebut setiap hari dijubeli pencar kerja (pencaker)

Jumlah para pencaker untuk mengurus kartu Kartu Kuning dikenal juga dengan AK-1 atau Kartu Tanda Pencari Kerja meningkat dua bahkan tiga kali lipat dari hari biasanya.

"Biasanya pencaker mengurus kartu kuning atau AK-1 hanya sekitar 70 - 80 orang setiap hari, tapi sejak banyak dibukanya lowongan pekerjaan ini, jumlahnya meningkat sampai tiga kali lipat dari biasanya," terang Kepala Disnakertrin yang diwakili Kabid Penempatan, Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Amrizal Kamis (8/3).

Menurutnya, seiring dibukanya tenaga kerja di BUMN, BUMN dan perusahaan lainnya, tenaga kerja yang mengurus kartu untuk salah satu persyaratan melamar pekerjaan meningkat tajam. Biasanya tercatat paling banyak 80 orang setiap hari, pada Maret ini meningkatkan hampir 200 orang setiap hari bahkan lebih.

Sebagaimana diketahui banyak perusahaan membutuhkan tenaga kerja. Seperti Bank Nagari, Bank Tabungan Negara (BTN), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan berbagai perusahaan swasta lainnya.

Lowongan kerja di sejumlah perusahaan besar, direspons antusias para pencari kerja. Kurun satu pekan terakhir pascadiinformasikannya lowongan pekerjaan, kantor Disnakertrin diserbu pencaker. Padahal, posisi yang dibutuhkan relatif terbatas, meskipun cukup banyak.

“Para pencari kerja sangat antusias mengirimkan lamaran untuk mengisi berbagai posisi yang dibutuhkan sejumlah perusahaan,” terangnya.

Amrizal menjelaskan untuk mengurus kartu AK.1 tersebut persyaratannya, foto copy ijazah terakhir, foto kopi KTP, foto 2 x 3 dan 2 x 1,5 cm. Masing-masingnya satu lembar. Mengurus kartu kuning tersebut tidak dipungut bayaran alias gratis. (fs-001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *