Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Kapolda Cup, 40 Kesebelasan Ambil Bagian

Padang (fajarsumbar.com) - Menghindari generasi muda dari peredaran narkoba, Sekolah Sepakbola (SSB) Padang mengelar Turnamen Rajawali U 16 dan U 18. Pertandingan sepakbola itu memperebutkan piala bergilir Kapolda Sumbar.

Turnamen Rajawali itu dimulai Minggu (4/3) di GOR Agus Salim dan berlangsung hingga 1 April. Kejuaraan sepakbola antar SSB tersebut dibuka Kapolda Irjen Fakhrizal, dihadiri Wakapolda, Brigjen Damisnur, Irwasda, Kombes Dody dan pejabat utama lainnya.

Pada pembukaan pertandingan diawali antara SSB Rajawali melawan Asabitama, Dharmasraya dan tendangan pertama (kick off) dilakukan Kapolda Sumbar. Pada pertandingan pertama ini, SSB Rajawali mencetak gol ke gawang Asabitama sebanyak tujuh kali.

Dikatakan Kapolda, turnamen sepakbola ini dikuti Sumbar, Riau dan Jambi, sekitar 40 kesebelasan ikut dalam kejuaraan itu memperebutkan piala bergilir Kapolda. Dengan adanya kejuaraan itu, generasi muda Sumbar terhindar dari narkoba dan tindakan kejahatan lainnya.

“Mudah2an ini bisa menghindari generasi muda dari narkoba,”ujar jenderal bintang dua itu.

Melihat prestasi dan potensi yang dimiliki, Kapolda menuturkan pembinaan berkelanjutan harus menjadi program  ke depan oleh pengurus SSB, sebab pertandingan ini akan berkelanjutan.

“Agar bisa melahirkan bibit-bibit unggul pemain sepak bola,” ujar Fakhrizal.

Kejuaraan ini tidak sampai di sini saja, nantinya Kapolda juga mengelar pertandingan antar pelajar. Untuk itu diharapkan agar setiap kesebelasan
menyiapkan potensinya.

“Target utama kita tentu mengiatkan kembali dunia sepakbola di Sumbar, sudah mulai menurun. Mudah-mudahan dari SSB yang mengikuti turnamen ini lahir pada bibit-bibit pesepakbola muda untuk PSP Padang, Semen Padang, atau bahkan hingga nasional,” terang Fakhrizal.

Jenderal bintang dua itu menambahkan, selain mencari bibit pesapakbola berprestasi, ajang turnamen rajawali ini juga menghindari para generasi muda dari bahaya narkoba. Sebab, menurutnya, dengan berolahraga dapat membuat pikiran anak muda ke jalan yang positif.

Atas dasar itu Kapolda berharap, ajang turnamen rajawali U-16 dan U-18 tersebut dapat mengairahkan dunia olahraga bagi para generasi muda. Sehingga, imbuhnya, dunia kenakalan remaja dapat diminimalisir.

“Tidak ini saja, nanti kedepannya akan kita adakan turnamen sepakbola antar Sekolah Menengah Atas (SMA). Saya masih ingat masa lalu saya waktu SMA dulu, begitu banyak para legenda sepakbola kita. Maka itu nanti kita adakan antar SMA dan maka itu mari siapkan tim dari sekarang”.

Ketua pelaksana, Muzar mengatakan peserta turnamen sepak bola Kapolda cukup tinggi. Turnamen memperebutkan Piala Bergilir Kapolda diikuti 40 tim dari SSB.

Kejuaraan tersebut diikuti tim Sumbar, Riau dan Jambi dan berlangsung hingga 1 April mendatang.

Turnamen ini bisa menjadi ajang pembentukan pemain-pemain profesional. Sistem pertandingan di babak penyisihan menggunakan setengah kompetisi. “Pertandingan ini setengah kompetisi, bila kalah satu kali permainan bisa main satu lagi,”ujar Muzar

Dikatakan, pada pertandingan setengah kompetisi ini akan membantu peserta dari daerah, karena bisa bermain dua kali. “Kami berharap turnamen ini bisa memberi kontribusi bagi daerah termasuk bagi klub SSB,” ujar manajer SSB Rajawali tersebut. (akil)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *