Sumbar

Kota Padang

Fajar Terkini

Mentor Pesantren Ramadhan Dibekali


Padang (fajarsumbar.com) - Pemko Padang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mempersiapkan mentor Pesantren Ramadhan 1439 H. Sebanyak 260 mentor yang tersebar di 11 kecamatan tersebut dilatih melalui master of trainer (MoT) pada salah satu hotel di Padang, Rabu (28/3).

MoT yang bertemakan membentuk generasi rabbani yang terbebas dari maksiat tersebut untuk memberikan pelatihan dan arahan teknis kepada para pembimbing. Peserta pesantren Ramadhan tahun ini terdiri siswa SD/MIN dan SLTP, sedangkan pelajar SMA sederajat provinsi yang melaksanakannya.

Walikota yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Dian Fakri saat membuka MoT tersebut menyebutkan, Padang telah melaksanakan sekian kalinya pesantren ramadhan tersebut. "Selama pesantren Ramadhan ini selama proses belajar dan mengajarnya SD dan SLTP pindah ke rumah ibadah, masjid dan mushalla," tambahnya.

Para murid tersebut dilatih untuk meningkatkan iman dan taqwa, hal itu untuk menyeimbangkan ilmu dan teknologi dengan iman dan taqwa kepada Allah SWT. "Untuk pelaksanaan pesantren yang bakal diikuti ribuan murid SD dan SLTP, kita mempersiapkan mentornya. Setelah dilatih nantinya para mentor inilah yang bakal mentransfer berbagai ilmu agama kepada siswa di masjid dan mushalla," tambahnya.

Sementara itu, Kabag Kesra, Jamilus menyebutkan, materi pesantren Ramadhan tidak begitu banyak berubah signifikan pada tahun sebelumnya. Bahan ajarnya, pokok fikih, akhlak, ibadah dan lainnya. Hanya tahun ini ada penambahan dengan tokoh adat Minangkabau yang sukses terdahulu, diangkat dalam manteri.

Disebutkan, pesantren Ramadhan itu bakal diikuti ribuan murid SD kelas IV sampai kelas VI dan pelajar SLTP dari kelas I dan III. Selama pesantren Ramadhan tersebut, Pemko menganggarkan setiap siswa Rp20 ribu. Sementara anggaran yang dikucurkan untuk kegiatan itu, Rp2,4 miliar.

Pesantren Ramadhan tersebut juga salah satu upaya pemko untuk meramaikan rumah ibadah, masjid dan mushalla selama bulan suci tersebut. "Kita berharap kepada seluruh warga ikut berpartisipasi untuk menyukseskan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini," tambahnya.

MoT tersebut terdiri dari dua angkatan, pertama Rabu (28/3) diikuti mentor dari enam kecamatan. Sementara Kamis, (29/3) bakal diikuti lima kecamatan.(andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *