Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

MTQ ke-38 Kecamatan Pauh Ditabuh, Seratusan Qori dan Qoriah Berlomba Jadi Terbaik


Padang (fajarsumbar.com) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Kecamatan Pauh ditabuh, Rabu (28/3). Seratusan peserta dari 9 kelurahan berlomba jadi yang terbaik untuk memperebutkan piala bergilir camat.

MTQ ke-38 tersebut dituanrumahi Kelurahan Lambuang Bukik tersebut yang diikuti seratusan duta-duta terbaik se-Kecamatan Pauh. Mereka yang yang juara nanti bakal dipersiapkan untuk seleksi MTQ ke-38 tingkat Kota Padang yang bakal dihelat September mendatang.

Walikota yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Dian Fakri saat membuka MTQ itu menyebutkan arti penting pelaksanaan MTQ itu. "Musabaqah ini tidak hanya sekadar ajang perlombaan, tapi memiliki berbagai tujuan terutama meningkatkan kualitas qori-qoriah juga dalam mempersiapkan musabaqah di tingkat kota nantinya," ujar dia.

Disebutkan, MTQ sudah menjadi denyut nadi umat Islam dalam membumikan nilai-nilai kitab suci Alquran di tengah masyarakat. Dan itu sudah menjadi agenda rutin dua tahunan yang dimulai secara berjenjang di tingkat kelurahan, kecamatan, kota, dan provinsi serta sampai pemerintah pusat. "Setiap kecamatan menggelar MTQ. Kali ini, dilaksanaka di Pauh yang ke-9 dari 11 kecamatan di Padang," tambahnya.

Ia berharap, MTQ itu dapat memberikan motivasi bagi masyarakat terutama generasi muda, untuk lebih mencintai Alquran dengan membaca dan mendalami makna yang terkandung di dalamnya.

MTQ mempertemukan kafilah pada masing-masing utusan untuk saling mengejar prestasi dan memenangkan perlombaan. Namun bukan itu saja yang diharapkan, karena yang terpenting sekali bagaimana menumbuhkembangkan jiwa qurani setiap individu, agar terhindar dari perbuatan tidak diinginkan.

“Jadi pemantapan nilai-nilai Alquran harus senantiasa digelorakan sebagai pondasi kehidupan bagi masyarakat terutama generasi muda kita. Sehingga dengan itu mereka akan mampu mengantisipasi setiap ancaman yang datang dan salah satunya hal-hal yang merusak keyakinan dan ukuwah Islamiyah,” imbuhnya.

Camat Pauh Yefri menyebutkan, MTQ Nasional ke-38 tingkat Kecamatan Pauh itu diharapkan para qori-qoriah bertanding mampu menampilkan yang terbaik. Karena yang terbaik akan dipilih menjadi kafilah mewakili Pauh pada MTQ ke-38 tingkat kota nantinya.

“Harapan kita semua, syiar Islam semakin bergelora serta iman dan takwa umat Islam pada Allah SWT semakin meningkat. Mari kita sama-sama mendukung dan menyukseskannya MTQ ini,” tambah dia.

Adapun MTQ ke-38 itu dituanrumahi Kelurahan Lambuang Bukit. Pelaksanaannya dilakukan selama dua hari, Rabu-Kamis (28-29/3) di tempat yang telah ditentukan dengan melombakan 6 cabang diikuti utusan dari 9 kelurahan. Sementara mimbar utamanya dilaksanakan di Masjid Quba, Kelurahan Lambuang Bukit.

Pembukaan MTQ itu semarak yang diselingi jamuan nuansa adat dan budaya Minang. Seperti diketahui, MTQ tingkat kecamatan akan dilanjutkan dengan MTQ tingkat Kota Padang yang bakal dihelat pada September mendatang yang dituanrumahi Kecamatan Padang Timur.(andri)






Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *