Fajar Terkini

Padang

Sumbar

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Polda Sumbar Buka Lowongan

Padang (fajarsumbar) - Mabes Polri dan Polda Sumbar memberikan kesempatan pada tamatan SMA dan sederajat untuk mengikuti tes penerimaan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara dan Tamtama. Pendaftaran secara online melalui, www.penerimaan.polri.go.id serta Biro SDM Polda Sumbar, yang dimulai sejak 26 Maret hingga 11 April mendatang.

Kapolda Sumbar, Irjen Fakhrizal, melalui Kabid Humas, Kombes Syamsi, Selasa (27/3) menyebutkan penerimaan calon anggota Polri 2018 ini harus bers
ih, transparan, akuntabel dan humanis.
Didampingi Kasubag Seleksi Bagdalpers Biro SDM Polda, Kompol Yusep Dwi Prasetya disebutkan untuk Bintara sesuai kuota sebanyak 189 orang, terdiri 179 Polki dan 10 Polwan. Ini khusus untuk Sumbar.

Kuota se- Indonesia, Bintara diterima sebanyak 9.000 orang. “Polri punya program zero krut, yaitu keluar seimbang dengan yang masuk,” kata Yusep.
Dikatakan, untuk Taruna Akpol kuota nasionalnya 250 orang,  terdiri dari 220 taruna dan 30 taruni. Sumbar mendapat jatah (diterima) tujuh orang.

Begitu juga kuota Tamtama, untuk Polda Sumbar diterima delapan orang.  Khusus Bintara dan Tamtama untuk Mentawai 10 persen dari jumlah yang diterima
Setelah melakukan pendaftaran secara online, calon Akpol, Bintara dan Tamtama wajib melakukan verifikasi di  Polres atau di Mapolda dengan membawa  ijazah sekolah, KTP, dokumen terkait, domisilinya, umur, dan tinggi badan.

Tahapan pendaftaran ada tiga, yakni melalui online, verifikasi mencocokan data fisik dengan data online, setelah itu pemeriksaan administrasi. Peserta juga harus melengkapi SKCK, surat kesehatan, surat bebas narkoba. Yang mengeluarkannya setingkat RSUD. Setelah lulus seleksi administrasi  dilakukan beberapa rangkaian tes dan juga ada penandatanganan fakta integritas panitia dan peserta.

“Setelah lulus administrasi, lanjut tes psikologi, kemudian kesehatan satu, tes jasmani, akademik, PMK (Penelusuran Mental Kepribadian), tes kesehatan dua, penentuan. Khusus Akpol dan Tamtama nantinya dilanjutkan tes di tingkat pusat,”kata Yusep.

Untuk Bintara nantinya ada penjurusan seperti Bintara tugas umum, Bintara TI , Bintara bidang Kimia, Bintara Musik, Bintara Penerbang dan Bintara Pelayaran atau Perkapalan.(fs-001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *