Fajar Terkini

Padang

Sumbar

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Mutu Tenaga Pendidik PAUD Padang Digenjot


Padang (fajarsumbar.com) - Mutu tenaga pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Padang digenjot. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru agar lembaga pendidikan bermutu.

“Keberhasilan lembaga PAUD tidak terlepas dari peran pendidik, mengasuh, merawat, mendidik anak pada usia emas ini," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang yang diwakili sekretarisnya Danti Arvan saat membuka pelatihan diklat berjenjang tingkat dasar pendidik PAUD di salah satu hotel di Padang, Senin (26/3).

Menurut Danti, untuk meningkatkan tenaga pendidik PAUD yang profesional dan berkompetensi, Pemko melalui Dinas Pendidikan Padang memberikan pelatihan diklat berjenjang tingkat dasar guru PAUD.  "Pemko terus meningkatkan kompetensi pendidik yang berkualitas dan profesional," tambahnya.

Disebutkan, tujuan kegiatan diklat, salah satunya mewujudkan penyelenggaraan diklat dasar PAUD yang sesuai dengan rambu-rambu yang terdapat dalam pedoman diklat yang berjenjang. Harapannya tenaga pendidik dapat menerapkan dan mengimplementasikan hasil diklat baik dan benar pada anak didik usia dini.

Sementara itu, Kabid PAUD Disdik Padang, Nurhayati menyebutkan, pelatihan diklat berjenjang tingkat dasar pendidik PAUD tersebut diikuti 57 orang. Mereka tamatan SLTA sederajat.

Diklat tersebut, selain sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD, juga dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, dan dapat dijadikan sebagai forum komunikasi yang bertujuan untuk memecahkan berbagai masalah dalam melaksanakan tugas sehari-harinya.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan mutu kompetensi profesionalisme guru PAUD dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengujian pembelajaraan di kelas. Sehingga, mampu mengupayakan peningkatan mutu pendidikan di lembaganya,” ujarnya.

Alasan yang paling mendasar tentang pentingnya diklat itu, salah satunya menciptakan tenaga pendidik PAUD yang memiliki kompetensi tinggi dan imbasnya berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan lembaga yang bersangkutan.

Diimbau, para peserta dapat memanfaatkan momentum diklat tersebut sebagai ajang menambah wawasan dalam upaya meningkatkan kompetensi guru yang bersangkutan, melalui sertifikat yang nantinya diterima masing-masing peserta. Diharapkan tenaga pendidik mampu meningkatkan mutu pendidikan. “Untuk pemerataan kompetensi guru PAUD, kegiatan diklat ini rencananya akan dilakukan secara berkesinambungan dengan peserta yang berbeda,” ungkapnya.

Dari 800 lebih guru PAUD di Padang dan 600-an tamatan SLTA. Bagi tamatan SLTA sederajat tersebut, Pemko setiap tahun memberikan pelatihan kepada mereka. Selain itu memberikan peluang bagi yang ingin melanjutkan pendidikan S-1.

"Seperti yang telah diterapkan dalam Undang-Undang Tenaga Pendidik dan Kependidikan 2015, guru PAUD harusnya Srata Satu, kita memberikan peluang kepada mereka yang menambah ilmu di perguruan tinggi. Kita telah melakukan kerjasama dengan Universitas Terbuka," tambahnya. (andri)


Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *