Fajar Terkini

Padang

Sumbar

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tumbangkan Jepang, Timnas U-16 Melaju ke Final

Miyakaki (fajarsumbar.com) - Tim nasional Indonesia U-16 sukses menembus final Turnamen Jenesys setelah secara mengejutkan menjinakkan tuan rumah Jepang 1-0 pada semifinal, Minggu (11/3/2018). Tampil di Lapangan Yamazakura Kirishima Prefektur Miyazaki General Athletic Park Pitch 2, Miyazaki, Jepang, Sultan Zico jadi pahlawan kemenangan lewat golnya pada menit ke-54.  

Prestasi yang langsung diapresiasi oleh Pelatih Timnas U-16 Fakhri Husaini. Sang arsitek puas dengan kinerja timnya. Garuda muda itu bersua dengan Vietnam di final Senin (12/3/2018), setelah tim tersebut menumbangkan Thailand skor 6-5 melalui adi finalti.

“Hasil yang bagus, semoga ini semakin memotivasi anak-anak untuk terus tampil lebih baik lagi. Jepang bukan lawan yang mudah dan mereka menguji kita cukup bagus. Masih banyak yang harus dibenahi meski hasil akhirnya cukup memuaskan," kata Fakhri di situs resmi PSSI. 

Di final, tim Garuda Asia akan menantang Vietnam yang menggulung Thailand lewat drama adu penalti di semifinal lainnya.

Pada semifinal, Indonesia memainkan tempo tinggi sejak babak pertama. Pasukan Fakhri tak minder dengan nama besar Jepang. Mereka berani memainkan bola dengan percaya diri tinggi. Alhasil, jual beli serangan pun tak terelakkan. Namun sampai turun minum, belum ada satu gol yang tercipta.

Akhirnya, kerja keras tim Garuda Asia berbuah. Masuknya Zico pada babak kedua memberi darah segar baru buat Indonesia. Klimaksnya, sebuah umpan matang dari Supriadi dimaksimalkan striker 15 tahun itu. 

Turnamen Jenesys ini merupakan ajang tahunan yang digelar Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan sepak bola usia muda di Asia Tenggara. Sehingga, seluruh pesertanya pun berasal dari kawasan ASEAN. 

Ajang ini diikuti 12 tim yang dibagi menjadi empat grup. Selain tuan rumah Jepang dan Indonesia, ajang ini juga diikuti Timor Leste, Malaysia, Filipina, Kamboja, Thailand, Singapura, Brunei, Vietnam, Laos, dan Miyazaki Selection Team. 

Indonesia menjadi juara Grup B setelah mencatat dua kemenangan atas Filipina 7-1 dan Kamboja 5-0. Bagi Zico dkk, turnamen ini sebagai ajang pematangan tim untuk menghadapi Piala AFF U-15 di Jawa Timur, Juli hingga Agustus mendatang, dan Piala Asia U-16 di Malaysia, September nanti.(fs-001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *