Fajar Terkini

Padang

Sumbar

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

100 Mentor Dilatih di Padang Selatan, Bentuk Generasi Berakhlak Lewat Pesantren Ramadhan


Padang, fajarsumbar.com - Sebanyak 100 mentor pesantren Ramadhan di Kecamatan Padang Selatan dilatih di aula kantor camat setempat, Jumat (27/2). Hal itu untuk menyukseskan kegiatan keagamaan yang dilakukan sekali setahun tersebut.

Pesantren Ramadhan itu dimaksudkan untuk memperdalam ilmu agama murid Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat. Selama Ramadhan proses belajar dan mengajar (PBM) dipindah ke rumah ibadah. Tidak saja umat Islam tapi juga agama Budha dan Nasrani.

Walikota Padang yang diwakili Kabag Kesra, Jamilus saat membukan pelatihan mentor atau master of trainer (MoT) tersebut, menyebutkan Pesantren Ramadhan itu sudah memasuki tahun ke-14. Hal itu dimaksudkan untuk membentuk generasi berakhlak mulia.

"Di sekolah mata pelajaran agama hanya 16 kali pertemuan satu semester. Untuk lebih memantapkan ilmu agama ini, Pemko Padang mengintensifkan pesantren Ramadhan ini di rumah ibadah," tambahnya.

Adanya pesantren Ramadhan tersebut dapat membentuk murid berkarakter dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. "Kita sangat bangga, sejak Pemko Padang menerapkan pesantren Ramadhan ini, imbasnya sudah dirasakan saat ini. Sudah banyak murid SD dan TK yang hafal satu juzz Alquran," tambahnya.

Lebih menggembirakan lagi, kini sudah banya anak TK yang hafal 3 juzz Alquran. "Ini luar biasa, hal itu tidak lepas dari bimbingan orangtua di rumah, guru di sekolah juga kepedulian pemko Padang menggelontorkan anggaran untuk pesantren ini," jelasnya.

Menurutnya, pesantren Ramadhan tetap fokus memaksimalkan kualitas penanaman keimanan dan pengetahuan agama kepada peserta didik. Keimanan yang kuat dan pengetahuan agama yang memadai, diharapkan melahirkan aktualisasi pengamalan Islam yang benar.

Sementara itu Kasi Kesos Padang Selatan, Maswita menyebutkan, MoT tersebut diikuti 100 peserta perwakilan se-Kecamatan Padang Selatan.

Di Padang Selatan terdapat 79 rumah ibadah yang akan melaksanakan pesantren Ramadhan. Sebanyak 37 masjid dan selebihnya mushalla. Pesantren itu bakal diikuti ratusan murid dari kelas IV, V dan VI, Sekolah Dasar serta siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat.(fs-016)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *