Fajar Terkini

Padang

Sumbar

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Disdik Adakan Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas

Padang - fajarsumbar.com - Sebanyak 80 peserta ambil bagian pada lomba apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidik Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD dan Dikmas) se-Kota Padang di aula kantor Dinas Pendidikan, Senin - Selasa (19-20/4).

Lomba itu dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan PAUDNI agar lebih berkualitas dan profesional. Pemenang pertama di masing-masing 17 kategori lomba itu, selain meraih hadiah, juga berhak mewakili Padang ke tingkat Sumbar.

Peserta lomba, pengelola, pendidik PAUD dari 11 kecamatan, pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (BKBM), pengelola kursus. Instruktur kursus otomotif, instruktur kursus perias penganten. Masing-masing kecamatan mengutus satu perwakilannya satu kategori lomba.

Ada 17 jenis kategori lomba yang dipertandingkan. Lomba pendidik PAUD, pengelola paud, instruktur kursus otomatif dan lomba pengelola Lembaga Kursus dan Keterampilan (LKP).

Selain itu, lomba instruktur tata rias penganten, instruktur tata busana, tutor paket A, B dan paket C. Pengelola  PKBM, pengelola TBM, lomba pamong belajar, penilik PAUD dan SKP (Padang memiliki dua SPK).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang yang diwakili sekretarisnya, Danti Arvan saat membuka kegiatan tersebut menyebutkan, lomba itu bertujuan memberikan apresiasi pada GTK PAUD dan Dikmas untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam menjalankan tugas.

“Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pembinaan, memotivasi, dan menyebarluaskan hasil karya GTK PAUD dan Dikmas dalam rangka mengaktualisasi potensi yang dimiliki,” ucapnya.

Dalam mengikuti lomba para peserta akan diuji kompetensi dan kreativitasnya sesuai dengan bidang masing-masing. Inovasi pembelajaran modifikasi dan kreasi desain busana.

Adanya kegiatan itu, diharapkan peserta bisa meningkatkan motivasi, mutu pelaksanaan tugas dan adanya aktualisasi keberadaan dan peran GTK PAUD dan Dikmas di masyarakat.

Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas dikemas dalam bentuk penampilan karya terbaik yang merupakan hasil inovasi dan pengalaman baik yang sudah dilakukan di masing-masing satuan pendidikan. Para peserta akan menyajikan karya terbaik sesuai topik atau tema yang telah ditentukan setiap jenis GTK PAUD dan Dikmas

"Bagi yang juara pertama di masing-masing kategori lomba ini, berhak mewakili Padang ke tingkat Sumbar," ujarnya yang menyebutkan, lomba itu dinilai tim juri dari praktisi, lembaga kursus dan dari dosen UNP.

Sementara itu, panitia pelaksana yang juga Kabid PAUDNI, Nurhayati menyebutkan, lomba apresiasi GTK PAUD dan Dikmas tersebut, Padang selalu juara umum di ting
kat provinsi, bahkan mendominasi di tingkat nasional.

Penilik paud, instruktur kursus tata busana dan  instruktur tata kecantikan rambut utusan Padang mewakili Sumbar ke tingkat nasional, masing-masingnya meraih peringkat II.

Lebih menggembirakan lagi, mereka dari utusan Padang itu sekarang sedang di luar provinsi jadi nara sumber di Bogor, Taratakan Pontianak, Papua. Mereka yang bertiga itu terus dipakai sebagai narasumber oleh Kementerian Kependidikan Kebudayaan.

"Kami berharap pada 2018 ini, peserta dari Padang bisa pula berbicara tidak saja di Sumbar, tapi bisa puma mendonimasi di tingkat nasional," tambahnya.(andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *