Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Genjot Kompetensi, Puluhan Guru Solsel Ikut Diklat Berjenjang


Padang, fajarsumbar.com - Puluhan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Solok Selatan (Solsel) laksanakan diklat berjenjang tingkat dasar pendidikan PAUD Daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T). Hal itu dimaksudkan untuk menggenjot kompetensi guru daerah tersebut.

Sebanyak 40 GTK PAUD itu kualitasnya terus digenjot selama lima hari yang dimulai, Senin (30/4) di salah satu gedung pertemuan di Padang. Hal itu dilakukan, karena guru PAUD salah satu faktor penting dalam membentuk karakter anak sejak dini.

“Tanggung jawab guru PAUD tidak hanya sekedar mengajar tetapi perlu juga membentuk karakter anak sejak dini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumbar yang diwakili Kabid Pendidikan Luar Biasa (PLB), Irman saat membuka diklat tersebut.

Diklat berjenjang tingkat dasar pendidikan PAUD daerah 3T, Kabupaten Solsel itu kerjasama Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) PGRI, Provinsi Sumbar dengan Diknas Kabupaten Solok Selatan. Kegiatan itu didukung Direktorat PGTKI PAUDNI GTK Kemendikbud RI.

Menurut Irman, pendidikan PAUD merupakan langkah awal dalam mengawali perkembangan karakter dan sosial anak didik. Guru PAUD menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk karakter anak sejak dini.

Ia berharap, saat diklat peserta agar serius mengikutinya supaya bisa menyerap materi yang disampaikan nara sumber, kemudian diaplikasikan ke anak didik. Apa yang diharapkan bisa berdampak positif ke anak didik dan sekolah masing-masingnya.

“Kebanyakan persoalan yang terjadi saat ini bersumber dari lemahnya karakter. Oleh karena itu saya pesan kepada semua guru PAUD menekankan pendidikan karakter tenaga pendidik merupakan pelayan publik, jadikan momen ini sebagai introspeksi diri untuk memperbaiki layanan pendidikan di tingkat dasar," tambahnya.

Ketua PGRI Sumbar, Zainal Akil juga memberikan dorongan kepada peserta agar serius melaksanakan diklat tersebut. "Guru adalah pekerjaan yang sangat mulia, hebatnya suatu bangsa tidak lepas dari dari didikan guru di sekolah," ujarnya.

Sedangkan Ketua IGTKI PGRI Sumbar, Irma Candra Dewi menyebutkan, kegiatan itu sebagai wadah untuk menggenjot guru, khususnya di Solsel terutama mereka yang berada di daerah 3T. "Sebenarnya di Sumbar ini ada tiga daerah 3T, Solsel, Mentawai dan Pasaman Barat," tambahnya. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *