Sumbar

Kota Padang

Fajar Terkini

Karang Taruna Tidak akan Terlibat Politik Praktis

Amasrul memberikan ucapan selamat kepada ketua KT yang baru
Padang (fajarsumbar.com) - Memasuki tahun politik, Karang Taruna (KT) Kota Padang tetap memposisikan diri sebagai organisasi sosial dan tidak akan masuk ke ranah politik. Sebab Karang Taruna tetap komit mengentaskan masalah sosial di organsisasi kepemudaan.

"Karang Taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan tetap netral dalam pemilihan kepala daerah nantinya dan tidak masuk pada politik praktis. Kami tidak akan memanfaatkan organisasi kepemudaan ini untuk mendukung salah satu calon pasangan kepala daerah,"  tegas Ketua Karang Taruna (KT) Kota Padang, Yaldi Chaniago, kepada wartawan, Sabtu (7/4).

Hal itu ditegaskannya, seusai pelantikan pengurus KT Padang masa bakti 2017-2022 di Palanta A. Yani. Struktur kepengurusan KT Kota Padang yang baru dilantik posisi Ketua Yaldi Chaniago, Sekretaris M.Tito dan Bendahara Gusmar Tanjung.

Menurut Yaldi, sebagai relawan dan insan sosial yang tergabung dalam organisasi KT harus netral setiap pilkada dan tidak ada aksi dukung mendukung salah satu pasangan calon kepala daerah.

“Kalau mendukung salah satu pasangan calon tertentu hal ini sangat kontra produktif dan bisa membawa organisasi ke arah perpecahan. Organisasi ini harus netral dari kepentingan politik praktis. Kami selalu bersikap konsisten dan tidak melibatkan Karang Taruna dalam kepentingan dukung mendukung salah satu pasangan calon kepala daerah,” jelasnya.

Foto bersama dengan pengurus KT yang baru dilantik
Menurutnya, organisasi KT sebuah wadah yang besar dan sangat rugi jika dijadikan sebagai alat untuk meraih kepentingan sesaat. Karang Taruna merupakan organisasi bertugas membantu pemerintah untuk menangani permasalahan sosial masyarakat. “Persoalan sosial masyarakat sangat banyak yang harus diurus daripada ikut dukung mendukung yang rawan memecah belah organisasi,” jelasnya.

Pilihan politik merupakan salah satu bentuk hak asasi manusia yang harus dijunjung tinggi. Namun dengan memanfaatkan sebuah lembaga yang seharusnya tidak boleh terlibat langsung dalam politik praktis menjadi perbuatan yang tidak etis, apalagi memakai atribut dan bendera Karang Taruna.

Pelantikan tersebut dihadiri pengurus Karang Taruna Sumatera Barat, diantaranya Sekretaris Umum KT Sumbar Rahmat Saleh serta Bendahara Febriyadi Abing. Hadir juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Padang, beserta unsur Forum Pimpinan Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pimpinan Organisasi Kepemudaan (OKP) se-Kota Padang.

Walikota diwakili Kepala Dinas Sosial, Amasrul saat melantik pengurus KT Kota Padang tersebut mengatakan, Karang Taruna mengemban amanah dalam tugas sosial di bidang kepemudaan. Sebab Karang Taruna merupakan pemuda yang memiliki kemampuan produktif dalam berpikir dan agresif serta cerdas dalam tindakan.

Amasrul yang juga Kadis Sosial tersebut berharap kepada tokoh pemuda, tokoh masyarakat, sesepuh dan alim ulama dapat memberikan bimbingan dan pandangan pendewasaan kepada Karang Taruna. Sebaliknya, pengurus pemuda itu diminta supaya tidak sungkan meminta pandangan dan arahan dari tokoh yang dipandang memiliki pengalaman.(andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *