Sumbar

Kota Padang

Fajar Terkini

Liga Champion, Munchen Tantang Madrid


Jakarta, fajarsumbar - Bayern Munchen akan menjamu juara bertahan Real Madrid di Allianz Arena pada leg pertama babak semifinal Liga Champions 2017/18, Kamis (26/4). Dua tim yang paling sering bertemu di kompetisi Eropa ini harus kembali saling jegal.

Bayern dan Madrid sebelumnya sudah bertemu 24 kali di Eropa. Rekornya seimbang, sama-sama menang 11 dan dua laga lainnya berkesudahan imbang.

Pertemuan terakhir mereka adalah di babak perempat final Liga Champions musim lalu. Madrid menyingkirkan Bayern dengan agregat 6-3 (2-1 tandang, 4-2 kandang).

Cristiano Ronaldo mencetak dua gol untuk Madrid di Jerman, dan mengukir hat-trick di Santiago Bernabeu. Musim itu, Madrid tembus sampai final dan meraih gelar mereka yang ke-12 di kompetisi ini. Musim itu, pasukan Zinedine Zidane juga jadi tim pertama di era Liga Champions yang mampu juara dua edisi secara beruntun.

Kali ini, Madrid mengincar final demi mencoba mewujudkan ambisi hat-trick juara Liga Champions. Bagi Bayern, ini adalah kesempatan untuk melakukan pembalasan sekaligus mencapai final untuk pertama kalinya sejak 2013.

Bayern sampai di babak ini setelah menyingkirkan Sevilla dengan agregat 2-1 di fase sebelumnya. Kelolosan itu didapatkan pasukan Jupp Heynckes berkat kemenangan di Spanyol pada leg pertama lewat bunuh diri Jesus Navas dan gol Thiago Alcantara.

Sementara itu, Madrid lolos dramatis dari hadangan Juventus. Madrid menang 3-0 di Turin pada leg pertama berkat performa apik Ronaldo, yang mencetak dua gol dan merancang satu assist untuk Marcelo. Di Santiago Bernabeu, Juventus sempat menyamakan agregat lewat dua gol Mario Mandzukic dan satu gol Blaise Matuidi, tapi selamat dari bahaya setelah Ronaldo mencetak gol penalti saat injury time.

Bayern dan Madrid punya kualitas seimbang. Permainan ofensif mereka pun sama-sama menakutkan. Tidak bakal mudah mendapatkan pemenangnya.

Penggawa Real Madrid, Dani Carvajal, mengungkapkan lini depan Bayern Munich sangatlah sulit untuk dibendung. Hal itu didasari pada penampilan ciamik penghuni lini depan Bayern seperti Robert Lewandowski, Arjen Robben, dan Frank Ribery.

Penampilan trio penyerang Bayern itu memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Kerja sama ketiganya telah berhasil menghadirkan trofi Liga Jerman kembali ke Allianz Arena.

Bayern mampu memastikan diri sebagai penguasa kompetisi tertinggi di Jerman tersebut untuk yang keenam kalinya pada pekan ke-29 Liga Jerman 2017-2018.

Dengan trofi juara musim ini, Bayern telah mengoleksi 28 gelar juara Liga Jerman. Hasil ini merupakan prestasi yang pantas bagi Bayern, meskipun di awal musim sempat tampil kurang menawan. Bahkan, FC Hollywood –julukan Bayern– harus melakukan pergantian pelatih dari Carlo Ancelotti menjadi Jupp Heynckes.

Apalagi, kembalinya Heynckes membuat trio penyerang Bayern semakin ganas. Penyerang utama Bayern, Lewandowski, hing ga saat ini masih memimpin puncak daftar pencetak gol terbanyak Liga Jerman dengan koleksi 28 gol. Melirik pada fakta-fakta itu, Carvajal merasa waspada pada lini serang Bayern.

“Robben, Lewandowski, dan Ribery, sangatlah sulit untuk dihentikan. Mereka bertiga merupakan tipe pemain yang sulit untuk dijaga dan apabila mendapatkan cukup ruang mereka dapat membuat ancaman bahkan gol,” ungkap Carvajal, seperti yang diwartakan Marca, Selasa (24/4).

Perhatian besar kepada trio penyerang Bayern memang patutlah dilakukan oleh lini belakang Madrid, apabila ingin membendung serangan FC Hollywood. Akan tetapi, patut disayangkan, penampilan lini belakang Madrid justru berkebalikan dari lini serang Bayern. Demikian bolanet.(*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *