Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Lomba Juz Amma Antar SD Kembali Digelar

Padang, fajarsumbar.com - Dua ribu lebih murid Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Padang ambil bagian pada lomba tahfiz juz 30 Alquran yang diadakan Pemerintah Kota Padang di pelataran parkir Balaikota, Senin (23/4).

Lomba yang diikuti 110 SD/MI utusan 11 kecamatan se-Kota Padang itu dalam rangka untuk membentuk generasi Alquran sejak dini sekaligus menggelorakan dan membumikan Alquran di kalangan generasi muda.

Kegiatan yang dilangsungkan 23-27 April itu dibuka Penjabat Sementara (Pjs) walikota diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Afrizal Khaidir.

Afrizal menyampaikan, lomba itu dilakukan mengingat selaras dan sesuai dari bahagian visi dan misi Kota Padang. Mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang beriman, kreatif dan berdaya saing.

“Untuk itu kita harus meningkatkan kualitas pendidikan agama, pengembangan nilai-nilai moral dan spiritual kepada generasi muda. Di samping melakukan penataan metode dan sistem pendidikan agama melalui peran tokoh-tokoh agama. Salah satunya melalui lomba hafalan juz amma ini," ujarnya.

Selaku kitab suci bagi Umat Islam, Aquran sangat penting dan wajib diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Yaitunya dengan senantiasa mempelajarinya, membaca, menghafal dan mengamalkan makna yang terkandung di dalamnya.

“Jadi ini pulalah yang menjadi salah satu dasar Pemerintah Kota Padang bersama DPRD Padang menerbitkan peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2003 tentang wajib pandai baca tulis Alquran bagi peserta didik SD/MI yang harus dimulai sejak kecil. Untuk itu, selamat berlomba kepada masing-masing peserta lomba, semoga kita semua menjadi hafiz dan hafizah,” imbuhnya.

Kabag Kesra Setdako Padang, Jamilus dalam kesempatan itu juga menyebutkan, lomba Tahfiz Juz 30 (Jus Amma) antar SD/MI se-Kota Padang ini, tidak hanya ditujukan untuk memantapkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Namun juga memotivasi anak-anak agar terus menghafal Alquran dalam hal ini dimulai dari hafalan Juz Amma. Sebagaimana bagi para pemenang sudah disediakan hadiah berupa trophy sekaligus uang pembinaan.

“Kita berharap, melalui lomba ini murid SD/MI di Kota Padang saling termotivasi untuk menghafal Alquran khususnya Juz Amma. Sehingga mereka menjadi generasi muda Kota Padang yang unggul, bukan saja dalam akhlak tapi juga dalam menghadapi era globalisasi,” harap Jamilus.(fs-001)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *