Sumbar

Padang

Fajar Terkini

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MTQ Tingkat Kecamatan Luki Ditabuh, Lubuk Kilangan Siap 'Sumbangkan' Qori ke Nasional

Pemukulukan bedug tanda dibukanya MTQ Luki, Sabtu (31/3).
Padang (fajarsumbar.com) -Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 tingkat Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) yang dituanrumahi Kelurahan Banda Buek itu ditabuh. Kegiatan itu dilaksanakan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang. MTQ itu dibuka Sabtu (31/3).

Ratusan peserta dari tujuh kelurahan ambil bagian pada ajang keagamaan yang dilaksanakan sekali dua tahun tersebut. Qori dan qoriah dari tujuh kelurahan itu berlomba jadi yang terbaik. Sebelumnya Kelurahan Koto Lalang sudah kali merebut juara umum.

MTQ itu dibuka Pjs walikota yang diwakili Kabag Kesra Jamilus. Sebelum pembukaan kegiatan itu didahului pawai ta'aruf yang diikuti ribuan peserta dari masing-masing kelurahan. Pada kesempatan tersebut juga diadakan perlombaan ekseksibisi qasidah rabana antar kelurahan.

Kabag Kesra Jamilus dalam kesempatan itu menyampaikan, MTQ tersebut penting digelar mengingat banyak manfaat dari pelaksanaan musabaqah yang diadakan sekali dua tahunan tersebut.

Sebagai ajang evaluasi kegiatan keagamaan di masing-masing kecamatan. Selanjutnya dalam rangka mencari bibit qori-qoriah terbaik, untuk memperkuat kecamatan pada MTQ tingkat kota, provinsi bahkan sampai ke tingkat nasional.

Penyerahan piala juara umum dari lurah Koto Lalang ke camat
“Selan itu ajang ini juga menjadi ajang silaturahmi antar sesama kafilah dan official sehingga semakin meningkatkan ukuwah Islamiyah, selain menggelorakan dan membumikan Alquran di tengah-tengah kehidupan masyarakat,” tambahnya.

Jamilus pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas tingginya antusias panitia, peserta serta semua elemen masyarakat dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ tersebut.

“Alhamdulillah, program kegiatan keagamaan berjalan sukses. Untuk itu melalui MTQ ini semakin menambah lagi kecintaan kita pada Alquran, tentunya dengan membaca, menghafal dan mendalami makna yang terkandung di dalamnya,” harapnya.

Camat Luki, Yalmasril berharap MTQ Nasional ke-38 tingkat Kecamatan Luki tidak hanya berjalan sukses, tapi bagaimana menghasilkan qori-qoriah terbaik. "Meraka yang juara nantinya mewakili Luki pada MTQ tingkat kota yang dijadwalkan pada September nanti," tambahnya.

Melalui MTQ diharapkan kehidupan keagamaan di tengah masyarakat meningkat. “Apalagi sekarang sudah ada program 1821 yang digagas oleh Pemko Padang. Salah satu bahagiannya yakni menghidupkan Alquran di tengah keluarga,” ujarnya.

Berbicara target pada MTQ tingkat kota nantinya camat senior ini berharap bagi Kecamatan Luki sendiri semoga bisa melakukan perbaikan peringkat,sebelumnya berada di peringkat 9 dari 11 kecamatan se-Kota Padang.

“Maka itu kita harapkan, semoga masing-masing kafilah menampilkan yang terbaik di masing-masing cabang lomba. Karena nantinya para kafilah terbaik itu akan ditunjuk mewakili kecamatan ini di ajang MTQ tingkat kota,” harapnya.

Tidak saja ke tingkat kota, provinsi, qori dan qoriah dari Lubuk Kilangan juga bertekad dan terus berupaya bisa pula mewakili Sumbar ke tingkat nasional. "Jika qori dan qoriah berlatih keras, disiplin semua itu bisa saja terwujud," tambahnya.

Dalam pembukaan MTQ tersebut terlihat dihadiri banyak pihak. Antara lain unsur Forkopimka, ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang dan seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Lubuk Kilangan. Pelaksanaannya berlangsung selama dua hari, Sabtu (31/3) dan Minggu (1/4) dengan diikuti para kafilah dari masing-masing tujuh kelurahan di kecamatan setempat. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *