Sumbar

Kota Padang

Fajar Terkini

Pesantren Ramadhan 1439 H di Padang, Mulai 21 Mei 2018

Padang, fajarsumbar.com - Para siswa-siswi di Kota Padang  tidak libur mengikuti proses belajar mengajar selama bulan suci Ramadhan, hanya saja kegiatan belajarnya dipindahkan pada seluruh rumah ibadah, masjid dan mushalla di kota tercinta itu. 
Sehubungan dengan itu Pemerintah Kota Padang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) memastikan pelaksanaan pesantren ramadhan tahun 2018 akan dimulai pada 21 Mei. Namun, pencanangannya dilaksanakan pada 11 Mei, pukul 08.00 WIB di lapangan Imam Bonjol, Padang.
 “Penyelenggaraan pesantren tahun 2018 dilaksanakan selama 13 hari, dari 21 Mei-2 Juni,”ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Padang, Jamilus, Kamis (19/4).
 Dikatakan Jamilus, peserta pesantren dimulai dari tingkat SD kelas IV hingga VI. Dilanjutkan dengan tingkat SMP dari kelas I hingga kelas III. Sementara itu, untuk tingkat SMA pesantren diselenggarakan di sekolah karena kewenangannya yang telah beralih ke Provinsi Sumatera Barat.
 “Untuk Kota Padang penyelenggaraan pesantrennya diselenggarakan di seluruh masjid dan musala di 104 kelurahan,”sebut Jamilus.
 Menurut Jamilus, ada beberapa perbedaan dengan pelaksanan pesantren dari tahun-tahun sebelumnya seperti materi pada muatan lokal akan ditampilkan kisah perjuangan pejuang dari Sumatera Barat. Pengaruh tokoh agama Islam Minangkabau yang sukses pada zaman dahulu. 
Selain itu, penekanan pesantren kali ini bagaiamana menjadikan generasi rabbani yang terbebas dari maksiat.  "Kita tekankan pelakasanan pesantren ramadhan kali ini dapat menjadi pembentuk akhlak remaja yang dekat dengan alquran sehingga bisa terbebas dari maksiat,”katanya.
Pihaknya telah melakukan pelatihan kepada 260 orang mentor pesantren ramadan 1439. Suksesnya pelaksanaan pesantren ramadhan, sebut Jamilus juga tidak terlepas dari peranan mentor. Masing-masing mentor bertanggungjawab atas kelancaraan pelaksanaan kegiatan tersebut.
 “Diharapkan para mentor semakin baik daripada tahun-tahun sebelumnya guna menyukseskan pelaksanaan pesantren ramadan tahun ini. Semua itu demi terciptanya generasi muda kita yang rabbani dan terbebas dari hal-hal negatif,” kata Jamilu. (fs-021)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *