Fajar Terkini

Padang

Sumbar

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Warga Jorong Taratak Paneh Harapkan Perbaikan Jalan

Padang (fajarsumbar.com) - Masyarakat Kenagarian Selayo Tanang, Bukik Sileh, Jorong Taratak Paneh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok mengharapkan pemerintah Kabupaten Solok menghaspal jalan. Sebab kondisi jalan tersebut kini sangat memprihatinkan.

Jalan mendaki bukit ke permukiman dan ladang masyarakat itu sudah lama diidamkan agar diaspal. Jalan itu dibuka dengan lebar enam meter beberapa tahun lalu, kini banyak berlubang dan bebatuan besar dan sulit dilalui kendaraan.

"Kami warga Kenagarian Selayo Tanang, Bukik Sileh, Jorong Taratak Paneh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok sangat mengharapkan pemerintah Kabupaten Solok mengaspal jalan yang sudah lama diidam-idamkan warga," ujar salah seorang warga setempat, Mursid, Selasa (8/4).

Menurut Mursid yang juga Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Padang tersebut, warganya sangat berharap pemerintah Kabupaten Solok memperbaiki jalan itu. Sebab setelah dibuka beberapa tahun lalu yang lebarnya enam meter kemudian tidak ada lagi tindak lanjutnya untuk diperbaiki.

Padahal jalan itu sebagai sarana transportasi warga menuju pemukiman dan begitu juga ke ladang. Di sisi kiri dan kanan jalan terlihat hamparan ladang warga. Akibat buruknya kondisi jalan tersebut, warga kesulitan membawa hasil panen, dampaknya warga harus mengeluarkan ongkos banyak membawa hasil pertanian sampai ke pasar.

"Jika jalan ini diaspal warga tidak lagi kesulitan membawa hasil panen ke pasar dan tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos yang lebih banyak lagi. Kami sangat berharap pemerintah Kabupaten Solok bisa menyisihkan anggaran untuk mengaspal jalan ini. Masyarakat sudah lama mengidam-idamkannnya," tambah Mursi lagi.

Menurutnya, kondisi jalan saat ini dipenuhi bebatuan dan bertanah, jika hujan sisi kiri dan kanan jalan sering lonsor dihondoh air bah. Saat hujan lebat air melimpah jelan karena bandarnya sisi kiri dan jalan tidak berfungsi dan tersumbat.

"Akibat kondisi jalan ini sangat berdampak pada warga yang sebagian besar bermata pencarian berladang. Kos petani tinggi untuk upah mengangkut bibit, pupuk ke ladang. Begitu juga saat panen petani harus mengelurakan uang banyak untuk mengangkut hasil panen ke pasar. Lebih parahnya harga jual hasil panen rendah pula. Akibatnya petani makin merasai saja," tambahnya lagi.

Menurutnya, jika jalan diaspal selain memperlancar arus transportasi, wilayah tersebut bisa dijadikan objek wisata alam yang sangat menarik dikunjungi karena berada di pinggang Gunung Talang. Wilayah tersebut punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Jika jalan  sudah bagus, Kabupaten Solok bisa 'menjual' daerah ini untuk dijadikan objek wisata. Saya yakin daerah ini ramai dikunjungi, karena punya daya tarik tersendiri tidak bakal ada di wilayah lain," ujarnya sambil mempromosikan pontensi Kenagarian Selayo Tanang, Bukik Sileh, Jorong Taratak Paneh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok tidak saja mememiliki icon agrowisata dan tapi juga memiliki icon agrobisnis. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *