Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Dai Harus Sajikan Dakwah Menyejukan Hati


Bukittinggi, fajarsumbar.com- Himpunan Dai dan Muballigh Kota Bukittinggi diharapkan untuk menyajikan dakwah-dakwah kekinian dengan cara yang menyejukan hati. Dai dan Muballigh dituntut untuk akrab dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan mengikuti perkembangan teknologi guna mendapatkan informasi terkini, dai dan Mulaballigh akan mempunyai materi-materi dakwah yang beragam.

Leonardy pun mengingatkan agar para dai dan mubaligh mengedepankan sikap lemah lembut dalam menjalankan dakwah mereka. Karena lemah lembut itulah dakwah nabi Muhammad SAW mudah diterima masyarakat Arab saat itu.

"Sopan santun dan tutur kata yang indah harus dikedepankan. Ini perintah Allah dalam Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 159. Buat apa bersuara keras, mencela tapi tidak didengarkan. Efektivitas dakwah itu tercapai jika maksudnya sampai ke hati jamaah dan ada perubahan perilaku mereka," ujar Ketua KAN Kotogadang itu di Aula Balaikota Bukittinggi, Kamis (10/5)

Pria yang akrab dipanggil Leo ini mengingatkan dai dan muballigh hendaknya disenangi oleh jamaah dari semua kalangan. Berusahalah agar mampu bertindak sebagaimana dai dan muballigh zaman dulu, menjadi tempat bertanya jemaah dan masyarakat sekitarnya, baik muda ataupun tua.

"Intinya rajin membaca dan berinteraksi dengan internet. Manfaatkan teknologi agar mampu mendudukkan perkara agama sebagaimana mestinya dan tidak dianggap ketinggalan zaman. Dai dan muballigh yang ketinggalan info aktual maka dakwahnya hambar," tegasnya.

Ketua pengurus himpunan dai dan mubaligh Bukittinggi Yasril Rahmadian Tgk Majo Kayo, mengapresiasi kehadiran Leonardy dalam pembekalan muballigh dan dai yang mereka lakukan. Motivasi dan pencerahan yang diberikan diharapkan mampu membangkitkan semangat para pendakwah yang hadir khususnya dan Bukittinggi umumnya.

"Kami pun baru tau perhatian Leonardy sungguh besar terhadap perkembangan dakwah Islam. Dia salah satu tokoh di balik penetapan embarkasi haji  di Bandara Internasional Minangkabau dan dibangunnya asrama mahasiswa di Kairo Mesir," ungkapnya sembari menghadiahkan pantun yang disambut tepuk meriah para dai dan muballigh.

Dia berharap Leonardy yang juga niniak mamak kelahiran Bukittinggi terus mendukung perkembangan dakwah dan pembentukan karakter generasi yang mampu menjadi berkah bagi semesta alam. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *