Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

DPD Perti Sumbar Dilantik di Sorga, Ormas Tidak Berorientasi Politik

Ketua Umum DPP Perti beri ucapan selamat
kepada ketua DPD Perti Sumbar
Padang, fajarsumbar.com - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Sumbar dilantik di Surau Gadang (Sorga), Darus Sadikin Batang Kabung, Kelurahan Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah, Sabtu (5/5). Organisasi keagamaan itu dipastikan tidak akan berorientasi politik.

Ketua DPD Perti untuk periode 2018-2023 terpilih Suardi Z Rajo Basa Tan Pangulu, pada periode 2012-2017 memegang jabatan Ketua Bidang Adat dan Syarak. Sementara sekretarisnya diamanahkan kepada Kasidah. Terpilihnya pengurus organisasi berorentasi agama Islam itu berdasarkan hasil Musyawarah Daerah (Musda) ke-20 pada Januari 2018 di Padang.

Setelah pelantikan pengurus DPD Perti oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP),  H. M. Amin Lubis, Ketua DPD Perti Sumbar, Suardi Z selanjutnya melantik pengurus DPC Perti di berbagai daerah. Kegiatan itu ditutup dengan seminar nasional dengan tema "Peran Ormas Islam dalam Merebut dan Mempertahankan NKRI."

Pelantikan DPD Perti sekaligus memperingati hari lahir (Harlah) organisasi itu ke-90, selain dihadiri Ketua Umum, H. M. Amin Lubis juga dihadiri Sekjen DPP, Saharman, Ketua Majelis Syuro, H. Buchimar Sani dan beberapa pengurus dari berbagai daerah lainnya.

Ketua Umum DPP Perti, Amin Lubis pada kesempatan tersebut, menyebutkan, organisasi yang berorientasi agama Islam tersebut tetap dengan pendirian tidak akan terlibat politik praktis. Tetap memperjuangkan umat untuk menegakkan amar ma'ruh dan nahi mungkar dengan menegakkan kebenaran dan memperjuangkan agama Islam.

Perti adalah nama sebuah organisasi Islam nasional yang berbasis di Sumatera Barat dengan pendiri Syekh Sulaiman Arrusuli lebih dikenal dengan Inyiak Canduang. Organisasi itu didirikan 20 Mei 1930 di Sumatera Barat, dan berakar dari para ulama Ahlussunnah Wal Jamaah. Kemudian organisasi itu meluas ke daerah-daerah lain di Sumatera, dan juga mencapai Kalimantan dan Sulawesi serta daerah lainnya.

Perti tetap berdiri tegak  dengan tri bhakti, pendidikan, dakwah dan amal sosial. Ketiga unsur tersebut merupakan pondasi awal berdirinya organsisasi sosial yang didirikan oleh ulama dari Sumatera Barat. "Perti tetap berupaya menegakkan kebenaran, tetap tidak akan ikut politik praktis," ujarnya.

Menurutnya, dengan dilantiknya pengurus DPD dan DPC itu merupakan langkah awal bagi jajaran pengurus untuk melakukan gerakan yang harmonis bagi kemajuan Perti agar mampu berkontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa dan negara.

“Perti sebuah organisasi Islam yang hingga detik ini jajaran pengurusnya dari masa ke masa tetap konsisten menjalankan amanat tri bhakti Perti, yaitu pendidikan, dakwah, dan amal sosial.  Diakui atau tidak, memang masih banyak ketertinggalan Perti dibanding ormas Islam lain yang ada di Indonesia ini,” ungkapnya.

Untuk itu diminta semua pengurus agar bekerjasama untuk memajukan dan mengembangkan Perti. Bila ingin maju, berkembang, dan besar maka semua jajaran pengurus dari semua tingkatan, tanpa terkecuali, harus saling bahu membahu bekerjasama dan sama-sama bekerja untuk merealisasikan misi dan visi Perti sebagai pengabdiannya pada umat, bangsa dan negara.

Disebutkan, DPP Perti juga telah membuat memorandum of understanding (MoU) salah seorang pengusaha di Jakarta. Kerjasamanya pengusaha tersebut siap membantu anak yatim piatu di Sumbar dengan membantu biaya sekolah sampai tamat. "Semoga MoU uni bisa terwujud maksimal, dan bisa meringankan beban anak yatim biaya sekolah ke depan. Pengusaha itu beberapa pun jumlah anak yatim di Sumbar ia siap menanggung biaya pendidikannya," tambah dia.

Foto bersama dengan Ketua Umum dan Sekjen Perti
Sementara itu, Suardi Z seusai dilantik mengaku cemas mengemban tugas yang cukup berat memimpin organisasi Perti di Sumbar tersebut. Tapi ia akan berupaya bekerjasama seluruh pengurus DPD dan DPC se-Sumbar dan tetap berkoordinasi dengan DPP agar organisasi itu bisa maju ke depan. "Kami harap dukungan semua pihak, demi kemajuan organisasi Perti khususnya di Sumbar ini," tambahnya.

Perti meneguhkan komitmen kembali ke khittah ormas yang lahir di Candung, Bukittinggi. Organisasi itu hadir untuk aktif berkonstribusi memberdayakan masyarakat. Terutama di tiga aspek atau dikenal dengan tri bhakti, yaitu pendidikan, dakwah, dan amal sosial.

Menurut Suardi, pengurus akan kembali menghidupkan sekolah-sekolah yang sudah dibangun untuk mempersiapkan generasi muda yang beriman dan bertakwa. "Kami berharap juga dukungan dari pemerintah daerah," tambahnya. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

2 komentar

Alhamdulillah, semoga PERTI bangkit dan menciptakan pemimpin yang berakhlak mulia..

Di koreksi, poto yg bertiga adalah dari ki-ka ketua majelis syuro DPP Perti pusat H Bucimar Sani BA, Ketua Umum DPP Perti pusat KH Muhammad Amin Lubis Lc Ma dan ketua DPD Perti Sumbar Bapak Drs Suardi Z Rajo Basa Sutan Pangulu

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *