Fajar Terkini

Padang

Sumbar

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jumat, PWI Sumbar Laksanakan UKW, Peserta Jangan Sampai Datang Terlambat

Padang, fajarsumbar.com - Jika tidak ada halangan, Jumat (4/5) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melaksanakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang ke-8 di Diklat Bank Nagari, Jalan By Pass Panggambiran Ampalu Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg), Padang. UKW itu selama dua hari, Jumat-Sabtu (4-5/5).

Pesertanya berjumlah 35 orang yang terdiri dari 21 kategori wartawan muda, (madya dan utama) masing-masingnya 7 orang. Pesertanya tidak saja dari jurnalis Sumbar, tapi ada juga berasal dari Riau dan Jambi. Sebelum UKW akan diadakan pra UKW, Kamis (3/5).

Pra UKW dilaksanakan di ruang pertemuan kantor PWI Sumbar Jalan Bagindo Azischan, Padang dengan instruktur dari pengurus PWI Sumbar. Hal itu dimaksudkan agar seluruh peserta  yang mengikuti UKW menjadi jurnalis yang berkompeten.

Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus didampingi ketua pelaksana, Sawir Pribadi, Kamis (3/5) menyebutkan, UKW tersebut menurut rencana akan dibuka Gubernur Irwan Prayitno.

Menurut Heranof, UKW itu sudah yang ke-8 kali dilaksanakan di Sumbar dan dua kali terakhir ini PWI bekerjasama dengan Bank Nagari.

"Kita sama-sama berharap seluruh peserta yang ikut UKW jadi jurnalis yang berkompeten. Sertifikat UKW-nya nantinya akan dikeluarkan Dewan Pers," ujar Heranof.

Sementara itu, Sawir Pribadi yang juga Wapimpred Singgalang menekan selama UKW peserta diharapkan disiplin dan berpakaian rapi. "Kami menekan jangan sampai ada pula yang datang terlambat. UKW dimulai pukul 08.00 pagi," tekannya.

Menurut Sawir, peserta dibagi tiga kelompok. Wartawan Muda, Madya dan wartawan Utama. Materi yang bakal diuji selain kode etik jurnalistik juga jejaringan.

"Khusus untuk wartawan muda selain jejaringan, juga lebih menekankan membuat berita. Sementara Madya membuat tajuk atau komentar, sedangkan kategori Utama lebih ditekannya bagaimana rancangan berita yang bakal diterbitkan esok harinya," tambahnya.(fs-006)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *