Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Ribuan Buruh Turun ke Jalan Sampaikan Aspirasi Demi Kesejahteraan

Jakarta, fajarsumbar.com - Pada hari ini, 1 Mei 2018 merayakan Hari Buruh Internasional (May Day). Di Indonesia sendiri, para buruh akan melakukan aksi turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi demi kesejahteraan buruh.

Pemerintah maupun aparat keamanan tak melarang. Namun, para buruh tetap diimbau agar perayaan ini diselenggarakan dengan tertib dan tidak mengganggu kepentingan umum.

Aksi ini akan berlangsung hampir di semua daerah di Indonesia. Di Ibu Kota sendiri, para buruh akan menggelar aksi massa di depan Istana Negara, Jakarta

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan, Hari Buruh Internasional 2018 harus dirayakan dengan riang gembira. Bahkan, dirinya berharap momentum tersebut dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan positif dan tidak menyeramkan.

Ucapan selamat Hari Buruh pun terlontar dari Ketua DPR Bambang Soesatyo. Ia mengucapkan selamat Hari Buruh 2018, serta memberi masukan kepada pemerintah melalui Kemenaker agar dapat meningkatkan potensi buruh di Indonesia agar dapat bersaing dengan Tenaga Kerja Asing (TKA)

Sementara anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago mengingatkan agar buruh memperkokoh persatuan dan kesatuan, khususnya menyambut perayaan May Day 2018. Dia juga mengimbau agar kelas pekerja jangan mau dijadikan alat politik praktis, apalagi di politisasi.

Namun, kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay, May Day harus dijadikan momentum perbaikan nasib pekerja, sehingga dirinya meminta agar pemerintah memenuhi aspirasi buruh. Walaupun tentu tidak semua aspirasi dapat diwujudkan sekaligus, tetapi setidaknya ada upaya perbaikan yang jelas dari tahun lalu.

Dalam perhelatan akbar kaum buruh pun mendapat imbauan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Yakni, kegiatan May Day tidak dijadikan ajang untuk melakukan kampanye Pilkada maupun Pemilu 2019. Aksi peringatan Hari Buruh sebaiknya dimaksimalkan untuk memperjuangkan kepentingan buruh.

Bawaslu juga mengimbau agar penyampaian pendapat pada May Day kali ini tidak disisipkan materi kampanye Pilkada dan Pemilu. Materi yang dimaksud disampaikan dalam orasi terbuka maupun alat peraga seperti spanduk, poster ataupun selebaran.(fs-003)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *