Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Warga Tiumang Dharmasraya Keluhkan Banjir, Bupati Carikan Solusinya

Dharmasraya, fajarsumbar.com Keluhan warga soal banjir yang kerap melanda di Kenagarian Tiumang, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, disampaikan kepada Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam kunjungan Tim Safari Ramadhan (TSR) I di Masjid Almuqarobbin, Jumat (25/5) malam.

"Kalau hujan tiba, masyarakat kami selalu cemas akan musibah bencana banjir. Mohon kami dicarikan jalan keluarnya bapak bupati," tutur Walinagari Tiumang, Syafrizal dihadapan TSR I dan jemaah.

Malam itu, TSR I Pemkab juga diikuti Ketua DPRD Dharmasraya, H. Masrul Maas, Dandim 0310 SSD Letkol Inf Irvan Yusri, Kapolres Dharmasraya, AKBP Rudy Yulianto, Pemimpin Cabang Bank Nagari Pulau Punjung, Tasman SE, Kepala Dinas PUPR, Junaedi Yunus serta kepala OPD dan Camat Tiumang, M. Zen.

Menurut walinagari, kondisi banjir musiman tersebut, telah lama diderita masyarakat. Dampaknya, bencana ini menghambat aktivitas warga hingga air menyusut. Untuk itu, pintanya, sudah sejatinya Pemkab memikirkan nasib rakyatnya tersebut.

"Mudahan-mudahan, momen yang baik ini menjadi harapan untuk kemajuan Nagari Tiumang. Soal akses perhubungan, kami bangga karena jalan mulus dan baik. Sehingga, warga senang, apalagi kondisi jalan bagus, mempengaruhi tingkat perekonomian masyarakat," papar Syafrizal.

Mendengar keluhan itu, bupati raja muda berjanji akan mengurusi dan memperjuangkan, demi rakyatnya. Kata pemimpin muda nan gagah tersebut, persoalan ini akan diteruskan ke Pemerintah Provinsi Sumbar.

"Sebab, penanganannya harus melalui normalisasi sungai. Ini menjadi kewenangan dan urusan provinsi. Saya akan sampaikan persoalan dan bencana banjir musiman tersebut," tegas pemimpin berdarah biru yang juga Raja Koto Besar.

Selain itu, bupati mengajak masyarakat untuk meningkatkan rasa keamanan, kerukunan dan ketenteraman. Apalagi ancaman terorisme dan narkoba adalah tantangan serius yang patut disikapi sejak dini.
"Kalau perlu awasi setiap tamu atau warga yang mengontrak rumah. Lihat kartu identitas dan kartu keluarga. Jika mencurigakan, silahkan berkoordinasi dengan aparat kepolisian," ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyebutkan, seabrek pembangunan terus dilesatkan. Pembangunan infrastruktur dasar, tower telekomunikasi hingga pembangunan listrik di wilayah terpelosok.

"Insya Allah, kita terus wujudkan pembangunan demi kemajuan rakyat Dharmasraya," ucapnya mengakhiri.
Orang berpengaruh di bumi mekar juga membantu masjid sebesar Rp10 juta. Di samping itu, juga menyerahkan bantuan tikar, Alquran dan peralatan sekolah bagi anak kurang mampu.

Menariknya lagi, perhatian serta wujud kepedulian terhadap sesamanya juga dibuktikan Bank Nagari Cabang Pulau Punjung. Melalui Pimpinan Cabang Bank Nagari Pulau Punjung, Tasman SE., menyerahkan bantuan uang tunai untuk MDTA/TPQ masjid. Bank pelat merah ini pun memberikan dua tikar untuk salat dan 10 paket Alquran. (yaz)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *