Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Wartawan Berkompeten Bertambah di Sumbar

Padang, fajarsumbar.com - Jumlah wartawan yang berkompeten bertambah seiring lulusnya para jurnalis pada Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar yang ditutup di Gedung Diklat Bank Nagari, By Pass, Pegambiran Ampalu, Lubuk Begalung, Padang, Sabtu (5/5).

UKW yang dilangsungkan selama dua hari, Jumat - Sabtu (4-5/5) tersebut diikuti 32 jurnalis. Kegiatan itu bekerja sama dengan Bank Nagari, PT Semen Padang dan Polda Sumbar.

UKW ke-8 itu diikuti 32 wartawan, tidak saja dari Sumbar tapi juga berasal dari Jambi, Bangkabelitung dan Riau. Terdiridari 18 muda, 7 madya, dan 6 utama. Untuk muda dinyatakan 14 kompeten, madya satu jurnalis tidak kompeten. Sedangkan di kategori wartawan utama dari enam pesrta satu yang tidak dinyatakan berkompeten.

Gubernur Irwan Prayitno saat penutupan UKW tersebut, menyebutkan, wartawan merupakan sebuah profesi yang membutuhkan profesionalisme dalam mencari, mengolah dan menyebarluaskan informasi. Jika ingin dianggap lebih profesional, jurnalis harus mengikuti UKW.

Menurutnya, wartawan profesional tidak membuat berita bohong atau fitnah. "Intinya tegakkan dan pedomani kode etik jurnalistik, membuat berita harus sesuai data dan fakta," terang Irwan.

UKW merupakan keharusan bagi setiap insan pers. Wartawan yang sudah UKW dan dinyatakan kompeten oleh tim penguji, akan kelihatan tampil beda, baik saat wawancara maupun menulis berita.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat, Heranof Firdaus, menjelaskan, UKW bagi jurnalis termasuk jalan lambat karena umumnya wartawan terjun dulu bekerja baru belajar otodidak, jarang yang menempuh pendidikan. "Beda dengan profesi lain seperti pengacara dan dokter yang harus menjadi sarjana dulu baru menerjuni profesi," jelasnya.

Menurutnya,  jurnalis memiliki tugas mulia, karena berfungsi sebagai kontrol sosial kepada pemerintah dalam menjalankan kebijakannya. "Uji kompetensi wartawan ini untuk meningkatkan profesional jurnalis," tambahnya.(fs-011)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *