Sumbar

Padang

Fajar Terkini

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Wartawan Harus UKW, Bila Ingin Profesional

Padang, fajarsumbar.com - Wartawan merupakan sebuah profesi yang membutuhkan profesionalisme dalam mencari, mengolah dan menyebarluaskan informasi. Jika ingin dianggap lebih profesional, jurnalis harus mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW).

Seiring perkembangan zaman dan tuntutan industri media massa,  wartawan itu harus memiliki sertifikat. Adanya sertifikat itu diharapkan para wartawan dalam melakukan tugasnya profesional di lapangan.

“UKW akan menjadi saringan yang mampu menghasilkan wartawan lebih profesional saat menjalankan tugas di lapangan,” ujar Iskandar Zulkarnain, seorang tim penguji UKW yang dilaksanakan PWI Sumatera Barat di Gedung Diklat Bank Nagari, Jalan By Pass, Pegambiran Ampalu, Lubuk Begalung, Padang, Jumat (4/5).

UKW yang dilangsungkan selama dua hari, Jumat - Sabtu (4-5/5) tersebut diikuti 35 jurnalis. Kegiatan itu bekerja sama dengan Bank Nagari, PT Semen Padang dan Polda Sumbar.

Menurut, Iskandar, jurnalis memiliki tugas mulia, karena berfungsi sebagai kontrol sosial kepada pemerintah dalam menjalankan kebijakannya. Adanya uji kompetensi wartawan dapat meningkatkan profesional kerja jurnalis.

“Sampaikan informasi itu yang benar sesuai keadaan di lapangan,” tambahnya.
Pers merupakan pilar keempat dalam demokrasi setelah lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Wartawan berperan mengawal proses kehidupan berbangsa dan bernegara.  “Insan harus memiliki kompetensi dan profesionalitas tinggi, sesuai tuntutan dinamika sosial kemasyarakatan dan perkembangan zaman,” imbuhnya.

Hal yang sama juga disampaikan Dirut Bank Nagari, Dedy Ihsan saat membuka UKW tersebut. Ia berharap uji kompetensi tersebut dapat menghasilkan wartawan yang lebih profesional dalam men jalankan tugas.

“Seiring tuntutan zaman keprefesionalan menjalankan tugas itu penting. Begitu juga kami Bank Nagari harus berkompeten dalam menjalankan tugas,” tambahnya.

Ia pun mendukung dan mengapresiasi kinerja PWI Sumbar yang sudah ke-8 kali menyelenggarakan UKW, karena sangat berguna bagi wartawan dalam memahami UU No.40/1999.

Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus berharap seluruh wartawan di Sumbar UKW, bila ingin diang gap lebih profesional menjalankan tugas seharian di lapangan. “PWI Sumbar sudah ke-8 kali melaksanakan UKW ini. Saya berharap semua peserta ini berkompeten,” tambahnya.

Sedangkan Ketua Pelaksana, Sawir Pribadi yang juga Wapimpred Harian Singgalang menyampaikan, jumlah pesertanya 35 orang. Mereka tidak saja jurnalis dari Sumbar, tapi juga berasal dari Riau, Jambi dan Bangka Belitung.

Peserta UKW 35 orang itu terdiri dari, kategori wartawan muda sebanyak 21 orang, sementara untuk madya dan wartawan utama masing-masingnya 7 orang. Tim penguji kategori wartawan utama, Iskandar Zulkarnain, wartawan ma dya Radjab Ritonga. Sedangkan tim penguji wartawan muda, Khairul Jasmi, Afdhal Azmi Jambak dan Rony Simon.

UKW tersebut bakal ditutup Sabtu, (5/5). Jika tidak ada halangan penutupannya  oleh Gubernur, Irwan Prayitno.(andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *