Padang

Fajar Terkini

Sumbar

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

5 Kg Sabu Diamankan Polda Sumbar



Kapolda Sumbar,  Irjen Fakhrizal didampingi Kabid Humas, Kombes Syamsi dan Direktur Narkoba,
Kombes Kumbul KS memperlihatkan lima kilogram sabu, dalam konferensi pers, Senin (4/6) di Mapolda Sumbar.

Padang, fajarsumbar.com - Jadi kurir sabu jaringan internasional, penyiar radio di Serang, Banten ditangkap anggota Dir Narkoba Polda Sumbar. Dia berinisial CRT (27) yang diringkus pada salah satu hotel berbintang di Padang, Jumat (1/6) lalu.

Dari warga Komplek PCI Blok D Nomor 39, Kelurahan Cibeber, Cilegon, Banten itu disita sabu seberat lima kilogram. Saat ini, tersangka mendekam di tahanan Mapolda Sumbar.

Tangkapan sabu itu merupakan terbesar sejak Polda Sumbar berdiri. “Ini tangkapan terbesar sejak Polda Sumbar berdiri. Jika diuangkan Rp8 miliar lebih,” ujar Kapolda Sumbar, Irjen  Fakhrizal, didampingi Direktur Narkoba, Kombes Kumbul KS dan Kabid Humas, Kombes Syamsi, Senin (4/6), dalam konferensi persnya.

Sebelum ditangkap, mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Serang itu, sempat pindah hotel empat kali, untuk menghindari petugas. Namun, keberadaannya tetap tercium oleh aparat kepolisan.

Dikatakan, dia telah berada di Padang sejak  Senin (27/5) dan awalnya menginap di sebuah hotel di kawasan Hayam Wuruk. Kemudian pindah ke hotel A di Sudirman, berapa hari kemudian pindah lagi ke hotel lain dan terakhir kembali ke hotel A, tempat ia ditangkap.

Sabu tersebut diduga berasal dari Malaysia dan kemudian dibawa ke Padang dengan tujuan Jakarta. “Tersangka ini hanya membawa dari Pekanbaru dan siapa yang membawa dari Malaysia masih dalam penyelidikan,” ujar Kapolda.

Pengakuan tersangka sabu tersebut akan dibawa ke Jakarta. Untuk mengelabui petugas, tersangka menyimpan sabu tersebut ke dalam kemasan makanan ringan. Bahkan, tersangka juga mempres bung kusan makanan tersebut.

Kemudian bungkusan itu disimpan tersangka dalam dua koper yang di tutup dengan pakaian. “Kita berhasil menyelamatkan nyawa anak bangsa sebanyak 50 ribu orang. Jika dikonsumsi dalam satu gram sebanyak 10 orang, ri buan jadi korbannya,” ujar Kapolda.

Reward
Sebagai bentuk apresiasi kepada anggota berprestasi, Kapolda akan memberikan reward atau penghargaan untuk meningkatkan motivasi dan kinerja satker dan satwil dalam melayani masyarakat. “Perlu ada reward atas prestasi anggota,” ujar Fakhrizal.

Sementara itu, Direktur Narkoba, Kombes Kumbul, didampingi Kasubdit III, AKBP Budi Siswono mengakui tangkapan lima kilogram sabu itu merupakan tangkapan terbesar sejak Polda Sumbar ada. “Ya, ini tangkapan terbesar kita, mudah-mudahan bisa menangkap yang lebih besar,” ujar Kumbul.

Dikatakan, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumbar, sejak minggu ke- 2 Mei  membentuk dan menyediakan ruangan pelayanan khusus bagi korban penyalahgunaan dan pecandu narkoba.

Dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan instansi terkait, seperti Dinas Kese hatan, IPWL, Pemko/pemkab dan lainnya.

Diharapkan hendaknya program ini di dukung oleh masyarakat Sumbar, mengingat semakin banyaknya jumlah pecandu narkoba di daerah ini. (guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *