Sumbar

Padang

Fajar Terkini

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Raun Asyik, Bayar dengan Sampah Plastik Dilaunching, Peminat Banyak, Armada Bakal Ditambah


 Walikota Mahyeldi Ansharullah didampingi Kadis DLH Al Amin melayani warga
menukarkan tiket bis dengan sampah untuk raun keliling Kota Padang di LPC, Minggu (24/6).
Padang, fajarsumbar.com - Raun asyik, bayar dengan sampah plastik resmi di launching Walikota Mahyeldi Ansharullah di Lapau Panjang Cimpago (LPC), Minggu (24/6). Sejumlah warga menyerbu untuk memanfaatkan bis city tour untuk raun-raun keliling Kota Padang, sampah plastik bisa ditukarkan dengan satu tiket.

Raun asyik merupakan program Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Padang itu, untuk mengurangi volume sampah plastik sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. Selain itu mengimplementasikan Perwako Padang Nomor 36 tahun 2018, tentang pengendalian penggunaan kantong belanja plastik.

Walikota Mahyeldi Ansharullah saat melaunching kegiatan tersebut, raun asyik itu dapat mengurangi sampah plastik dan mengajak warga untuk peduli lingkungan. Sebab sampah plastik hampir 15 persen sampah plastik dihasilkan dari puluhan ton limbah rumah tangga setiap harinya.

"Jadi saya berharap sekaligus mengajak seluruh warga Kota Padang agar selalu menjaga lingkungan dari sampah plastik. Raun asyik dengan menggunakan bis city tour warga dapat menukarkan tiket dengan sampah botol minuman, baik itu dibawa dari rumah maupun dipilih di objek wisata ini," tambahnya.

Setelah dilaunching walikota bis pariwisata itu diserbu warga. Wisatawan memanfaatkan bis city tour untuk keliling berbagai objek wisata dengan rute yang telah ditentukan. Minimal dalam satu kali perjalanan memanfaatkan waktu sekitar 2 jam lebih.

Menurut Mahyeldi, tingginya minat warga, memanfaatkan bis city tour tersebut, Pemko berencana akan menambah armada satu unit lagi pada aggaran perubahan nanti. "Ya insya Allah pada anggaran perubahan nanti, diusahakan ditambah armadanya. Sekarang sebagai percontohan satu unit, bila memungkinkan kita tambah satu lagi untuk melayani masyarakat untuk keliling Kota Padang," tambahnya.

Raun asyik, itu warga dapat menukarkan satu tiket dengan 10 botol air mineral gelas atau tiga botol air mineral ukuran menengah dan satu botol air mineral kosong ukuran besar.  Program untuk mengurangi volume sampah, khususnya sampah plastik. Sebab sampah itu jadi musuh bersama, karena sulit diurai meskipun telah puluhan tahun tertimbun dalam tanah.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Padang, Al Amin menyebutkan, program tersebut sekaligus untuk menjaga lingkungan terbebas dari sampah, khususnya sampah plastik. "Warga ingin memanfaatkan bis city tour dapat menukarkan tiketnya dengan sampah plastik dipilih di pantai, atau dibawa dari rumah," tambahnya.

Ia menyebutkan, petugasnya distand by-kan sebanyak enam orang di lokasi untuk melayani warga. Lima untuk melayani penukaran sampah plastik, satu petugas lagi untuk melayani tiket.

Bis city tour berangkat di LPC terus ke Tugu Gempa, Klenteng, Simpang Nipah, Gunung Padang, Air Manis, Pantai Padang/Pujasera dan Masjid Raya Sumbar. "Bis city tour ini akan membawa wisatawan untuk keliling Objek Wisata di Padang. Jadwalnya untuk sementara, hari libur Sabtu dan Minggu," tambahnya.

Raun asyik membayar dengan sampah plastik tersebut juga dimaksudkan mengimplementasikan Perwako Padang Nomor 36 tahun 2018. Tentang pengendalian penggunaan kantong belanja plastik. Sebab sampah sampai puluhan ton dihasilkan setiap hari. Sebanyak 15 persen di antaranya sampah plastik.

Sementara itu, Kadis Disbudpar Padang, Medi Iswandi menyebutkan, untuk saat ini bis yang disediakan untuk sementara satu unit dengan  cara menyewa Rp2 juta satu sehari plus satu orang guide.

Tidak tertutup kemungkinan jumlah armada itu ditambah, mengingat tingginya minat warga untuk menggunakan bis city tour untuk berkeliling Padang. "Bila peminatnya banyak, tidak tertutup kemungkinan armada kita tambah satu lagi. Sesuai dengan  keinginan walikota, Mahyeldi Ansharullah," tambahnya. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *