Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Ada Pungli di Disdukcapil Padang? Ini Komentar Anggota DPRD



Padang, fajarsumbar.com -Menyikapi pengakuan seorang warga terkait adanya praktik pungli dan percaloan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra sangat menyayangkan jika benar hal itu terjadi.

Namun dia menegaskan, masyarakat yang mengeluarkan pengakuan itu harus berani “tunjuk hidung” atau menyebutkan dengan jelas siapa oknum yang bermain itu.

“Jangan sekadar ngomong saja. Tapi harus ada bukti dan tunjukkan siapa oknum yang bermain,” kata Wahyu saat dihubungi melalui teleponnya.

Dikatakan, pengkuan itu harus dibuktikan. Sebab bila tidak itu tentu akab merusak nama baik dan citra pemko. “Saya tidak setuju juga kalau dipukul rata semua. Harus jelas siapa oknumnya. Masyarakat yang mengeluarkan pengakuan harus diminta keterangan yang jelas,” katanya.

Wahyu menyarankan, kalau memang ada masyarakat yang merasa dirugikan dengan praktik percaloan dan pungli, silahkan melaporkan ke Tim Saber Pungli.

“Kantor Saber Pungli sudah ada, silahkan melapor jika merasa dirugikan. Jangan asal ngomong saja. Saya bukannya membela Disdukcapil, tapi setiap pernyataan tentu harus dibuktikan,” ujar dia.

Sebelumnya diberitakan pengakuan mengejutkan datang dari salah seorang warga. Ia dan seorang anaknya bisa mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) melalui calo dengan membayar Rp250 ribu pada orang dalam. Padahal sebelumnya Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menyebutkan blangko e-KTP kosong.

“Apa-apaan ini. Disdukcapil menyebutkan blangko e-KTP kosong, sementara saya nih, bisa mendapatkannya dengan membayar Rp250 ribu kepada salah urang dalam. Ini buktinya bukan satu saja, tapi malah dua keping e-KTP yang saya terima tadi siang,” ujar seorang warga kepada Singgalang, Jumat (20/7).

Ia menyebutkan, bukan dia saja yang mengurus e-KTP itu lewat calo, malah banyak dengan membayar. Sementara di sisi lain Disdukcapil menyebutkan blangko e-KTP kosong.

“Saya bisa membuktikan mengurus e-KTP lewat calo itu bisa. Ini buktinya saya bisa mendapatkan dua keping ktp elektronik ini,” tambahnya. (bambang)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *