Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Anggota DPRD yang "Lompat Pagar", Harus Mundur dari Anggota Dewan

Padang, fajarsumbar.com - Ketua DPRD, Elly Thrisyanti mengaku hingga Kamis (26/7), belum ada menerima surat pengunduran diri anggota DPRD yang menjadi calon anggota legislatif (Caleg) di partai berbeda dari Pemilu 2014.

Seperti diberitakan sebe lumnya, empat anggota DPRD Padang kembali mencaleg dari partai berbeda. Mereka adalah Nila Kartika mencaleg di Demokrat, sebelumnya PPP, lalu Zaharman ke PKS dari Hanura, kemudian Osman Ayub ke NasDem dari Hanura dan Yendril dari Hanura ke PKB (maju ke DPRD Sumbar).

Sesuai aturan KPU, jika mencaleg dari partai berbeda dari yang diwakili saat ini, maka yang besangkutan harus mengajukan pengunduran diri dari partai sebelumnya dan sebagai anggota DPRD.
“Sampai kamarin, belum ada yang memasukkan pengunduran diri ke pimpinan,” kata Elly saat dihubungi, Kamis (26/7).

Dia mengaku, memang telah mendengar beberapa anggota DPRD yang pindah partai. Namun untuk surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD belum ada yang memasukkannya.
Padahal menurut Koordinator Divisi Hukum KPU Padang, Riki Eka Putra, seseorang yang mencalon dari partai berbeda wajib melampirkan dua surat pengunduran diri dan dua surat keterangan.

“Surat pengunduran diri ditujukan ke partai menyatakan mundur sebagai anggota partai sebelumnya dan ke pimpinan DPRD menyatakan mundur sebagai anggota dewan. Lalu dua surat itu adalah tanda terima pengunduran diri sebagai anggota DPRD dari pimpinan dewan dam surat keterangan yang menyatakan pengunduran diri yang bersangkutan sedang dalam proses,” kata Riki.

Keempat surat itu wajib dilampirkan pada masa perbaikan berkas pencalonan hingga batas akhirnya pada 31 Juli.

“Jika tidak ada tentu konsekwensinya berkas pencalonan tidak lengkap dan KPU terpaksa menyatakan yang bersangkutan tidak memenuhi syarat untuk dijadikan calon anggota legislatif alias batal sebagai caleg,” lanjutnya.

Sementara Ketua Partai Hanura, Elvi Amri mengatakan benar tiga  kader Hanura yang duduk di DPRD Padang telah pindah kapal. Namun mereka belum mengajukan surat pengunduran diri kepada partai.

“Saya belum ada menerima surat pengunduran diri mereka,” kata Elvi.
Sementara terkait rencana PAW tiga kader Hanura itu, dia mengatakan saat ini pihaknya masih sibuk mengurus kelengkapan dan perbaikan berkas calon anggota legislatif.

“Sampai 31 Juli nanti saya belum memikirkan hal tersebut. Setelah ini selesai baru kita bicarakan soal PAW ini. Selain itu tentu kita juga akan lihat dulu surat pengunduran diri mereka,” katanya. (bambang)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *