SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Angka Kecelakaan di Sumbar Turun 12 Persen pada Periode Januari-Juni



Padang, Fajarsumbar.com - Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumbar mencatat jumlah korban kecelakaan lalulintas periode Januari-Juni 2018 mengalami penurunan.

Sementara angka lecelakaan naik beberapa persen.
Direktur Lalulintas Polda Sumbar, Kombes Pol. Singgamata, kemarin mengatakan pada semester pertama 2018, Januari-Juni,  korban meninggal dunia turun 12 persen. Tapi, jumlah kejadian trennya naik sedikit sekitar 8-9 persen.

Dikatakan, pihak akan terus menekan jumlah lalulintas dengan meningkatan kegiatan preemtif dan preventif. Tujuan supaya jumlah pelanggaran dapat berkurang dan berdampak langsung terhadap masyarakat.

Begitu juga sosialisasi terus dilakukan, agar masyarakat taat berlalulintas dan tidak melanggar aturan. Sebab, kecelakaan lalu lintas terjadi karena diawali oleh pelanggaran lalulintas.

Dengan berkurangnya jumlah fatalitas korban semester pertama 2018, pihaknya berupaya terus menekan agar jumlah kecelakaan lalulintas juga turun. Jika fokus itu tetap terjaga ia optimis jumlah kecelakaan lalu lintas di Sumbar bisa berkurang.

"Kita tetap fokus pada sembilan jenis pelanggaran, seperti pelanggaran tanpa penggunaan helm, pelanggaran penggunaan telpon seluler saat berkendara, pelanggaran mengendarai kendaraan dibawah umur, pelanggaran sabuk pengaman,"uhar Singgamata.

Kemudian pelanggaran melawan arus lalulintas, pelanggaran bonceng lebih dari saru, pelanggaran mabuk saat berkendara, pelanggaran melebihi batas kecepatan dan pelanggaran tidak mematuhi rambu-rambu lalulintas.

Berpedoman pada Operasi Ketupat Singgalang 2018, yang mana saat itu jumlah kejadian kecelakaan lalulintas berkurang dan turun 29 persen, jika dibanding pada 2017. Jika pada 2017 terjadi 171 kasus, maka 2018 terjadi 129 kasus.

Pada operasi itu tidak hanya jumlah kejadian saja yang turun, tetapi jumlah korban meninggal juga turun 23 persen. Ini membuktikan serius bekerja terutama dalam menekan kecelakaan.
Singgamata mengajak dan mengimbau seluruh pengendara kendaraan bermotor untuk taat aturan.

"Berhati-hatilah saat berkendara, jangan tergesa-gesa ketika berkendara di jalan raya. Utamakan keselamatan daripada kecepatan, sebelum berkendara pastikan kendaraan yang akan dikendarai laik jalan, servis secara berkala dan patuh aturan berlalulintas," ajak Singgamata. (guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *