Sumbar

Kota Padang

Fajar Terkini

Kompetensi Guru TK di Padang Terus Ditingkatkan


Padang, fajarsumbar.com - Pemerintah Kota Padang bertanggung jawab terhadap peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI). Upaya yang dilakukan tiap tahun memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik tersebut.

Pada 2018 sebanyak 76 guru Taman Kanak (TK) berbagai utusan sekolah TK se-Kota Padang dilatih. Mereka digembleng untuk meningkatkan mutu dan kualitas saat mengajar di kelas. Sebab dalam mengajar anak pada usia emas tersebut tidak hanya sekadar bernyanyi dan bertepuk tangan.

“Demi meningkatkan kualitas para guru ini di Kota Padang, saya mengusulkan Pemko melalui DPRD Padang agar tahun depan, menambah anggaran untuk pelatihan tenaga pendidik dan kependidikan PAUDNI. Sebab dengan seringnya pelatihan akan menambah profesional dan kualitas guru,” ujar Bunda PAUD, Harneli Mahyeldi saat membuka pelatihan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependi dikan PAUD NI, pada salah satu hotel di Padang, Senin (30/7).

Menurutnya, setelah ber pindahnya kewenangan sekolah tingkatan SLTA ke provinsi dan bukan lagi tanggungjawab pemerintah kota, maka sudah sepatutnya pula Pemko menambahkan anggaran untuk peningkatan pelatihan tenaga pendidik dan kependididikan PAUDNI.

Kabid PAUDNI, Dinas Pendidikan (Disdik), Nurhayati menyebutkan, pelatihan yang dilangsungkan selama enam hari, 30 Juli s/d 4 Agustus tersebut diikuti 76  guru TK utusan di masing-masing sekolah TK se-Kota Padang.

Para guru TK belum sertifikasi dan juga belum srata satu, mereka diberikan pelatihan bukan hanya sekadar mengajar di kelas, tapi juga diberikan pelatihan untuk mengembangkan potensi sesuai dengan acuan yang berpedoman pada kurikulum untuk meningkatkan kompetensi.

Pelatihan yang bertemakan ‘melalui pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) tercapainya standar kompetensi tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional tersebut juga mendatangkan beberapa instruktur nasional yang sudah dilatih Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa.(TK-PLB), Bandung. Selama pelatihan mereka akan diajari modul C dan D untuk meningkatkan guru TK dan SLB

Salah seorang narasumber, Narisa Bayu Lestari yang juga guru TK Melati Ikhlas Lapai Padang Timur, menyebutkan, peran guru dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar anak. Guru profesional yang kompeten dapat mem bangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas.

Saat pelatihan katanya, peserta diajari pembelajaran modul C dan D. Pada modul C terdiri dari kompetensi pedagogik dan kom petensi profesional. Potensi pedagogik terdiri dari, KTSP, kurikulum 2013 PAUD, struktur kurikulum, muatan pembelajaran, lama belajar, program semester (prosem) RPPM. Sedangkan kompetensi pro fesional terdiri dari indikator pencapaian perkembangan PAUD, kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD).

Untuk modul D terdiri dari kompetensi pedagogik (pembelajaran dan pembelajaran serta penataan lingkungan belajar anak TK. Sedangkan kompetensi profesional terdiri dari gambaran umum pengembangan pembelajaran, strategi pembelajaran enam bidang pengembangan TK. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *