Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Peserta OSN Berharap Jadi yang Terbaik


Padang, fajarsumbar.com - Memasuki hari kedua pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 di Padang, berbagai harapan datang dari peserta baik tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Mereka antusias mengikuti perlombaan dan menginginkan hasil terbaik sehingga dapat meraih perolehan pertama OSN tahun ini.
Hal itu tak terkecuali datang dari peserta dari Sumatera Barat (Sumbar). Sekitar 40 peserta didik dari Sumbar ikut ajang bergengsi tahunan OSN ini, termasuk dari Tanah Datar.

Dua pelajar asal Kabupaten Tanah Datar mewakili Sumbar dalam OSN yang digelar hingga 7 Juli mendatang. Dua pelajar itu adalah Zacya Rizqy Ardiansyah berlomba di bidang IPS dan Aisyah Yulia Putri bidang matematika.

Keduanya berasal dari SMP Negeri 5 Batusangkar. Mereka bertekad dapat menjuarai  OSN tahun ini. Sebanyak 420 medali diperebutkan pada OSN 2018 kali ini.

Sementara itu seorang pelajar asal SD 06 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, M Aydil juga ikut mewakili Sumbar  pada bidang studi matematika. “M Aydil ikut berkompetisi di bidang studi Matematika dalam ajang OSN tahun ini,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Dharmasraya, Reno Lazuardi, Selasa (3/7)

Ia mengatakan keikutsertaan pelajar Dharmasraya dalam iven OSN tahun ini merupakan prestasi membanggakan untuk pendidikan daerah itu. “Capaian ini membuktikan bahwa pendidikan daerah kita tidak bisa dipandang sebelah mata bagi daerah lain. Jadi kita patut bangga dengan capaian ini,” ujarnya.

Pemerintah setempat terus bertekad memajukan pendidikan dengan meningkatkan sinergitas semua komponen untuk melahirkan anak didik yang berkualitas dan berkarakter. Pendidikan adalah penggerak terdepan dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) terbaik untuk membangun daerah ke depan.

“Kami terus mengingatkan tentang pentingnya pendidikan dan prestasi-prestasi yang didapat siswa, tentu ini menjadi semangat bagi kami agar bekerja lebih baik mencapai hal itu,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud, Hamid Muhammad pada pembukaan OSN  mengatakan penyelenggaraan OSN dilakukan untuk membina dan mengembangkan bakat, minat, dan prestasi peserta dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

“OSN ini juga bertujuan untuk membina karakter siswa agar berintegritas, jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh, dan cinta tanah air,” katanya.

Peserta akan berlaga dalam 11 bidang lomba yaitu matematika, IPA, IPS, komputer, fisika, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi dan ekonomi. Mereka akan memperebutkan 420 medali yakni 70 medali emas, 140 medali perak, dan 210 medali perunggu. (arief)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *