SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Selendang Batik Tanah Liek Sambut Delegasi Asian Games


Padang, fajarsumbar.com - Menyambut delegasi Asian Games di Sumbar, sebanyak 500 personel diturun kan untuk pengamanan, mulai dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) hingga Bukittinggi.

Dalam pengamanan petugas melakukan rekayasa lalulintas, agar tetap berjalan normal dan setiap persimpangan yang dilewati akan ditutup dengan sifat  sementara.

Kasubid Dikyasa Ditlantas Polda Sumbar, Kompol Ari Wibowo, menuturkan pengaturan lalulintas melibatkan Polres Padang Pariaman, Padang Panjang dan Bukittinggi. Tiga satuan wilayah ini, merupakan rute pergerakan api obor Asian Games dari BIM menuju Bukittinggi.

Dikatakan, terkait 21 titik di Bukittinggi yang menjadi lokasi untuk dilalui dalam pergerakan api obor akan ditutup juga. Namun, sifat hanya sementara setelah api bergerak ke titik selanjutnya kemudian untuk titik sebelumnya lalu lintas kembali dibuka.

“Mohon batuntuan, partisipasi dan kerja sama pengendara. Karena suatu kehormatan kita Asian Games ada di Indonesia, apalagi juga singgah di Sumbar,”ujar Ari.

Sementara itu, Kasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Didit P Santoso, mengatakan selendang batik tanah liek menjadi penyambut para tamu delegasi Asian Games 2018 saat sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Dijadwalkan, kirab api obor (Torch Relay) akan sampai pada 2 Agustus dan kemudian dibawa ke Bukittinggi.

Penyambutan di BIM akan diiringi dengan tari pasambahan, setiap perwakilan degelasi akan dikalungkan selendang batik tanah liek, ujar Didit P Santoso.

Dipilihnya selendang batik tanah Liek sebagi penyambut para degelasi perwakilan Asian Games 2018 ini, sebagai bentuk langkah Pemerintah Provinsi Sumbar untuk mempromosikan kerajinan tradisional khas Minangkabau.

“Kita ingin memperkenalkan dan promosikan kepada seluruh degelasi tentang batik tanah liek. Karena batik tanah liek merupakan salah satu karya yang dihasilkan oleh masyarakat dan juga salah satu batik tertua di Minangkabau,” ujarnya.

Beberapa kota dan kabupaten lain di Sumbar turut mendukung perhelatan Torch Relay. Daerah yang mendukung tersebut di antaranya Padang, Padang Panjang, Sawahlunto, Payakumbuh, serta Kabupaten 50 Kota dan Padang Pariaman.

Didit mengatakan, bentuk dukungan yang diberikan tersebut seperti menampilkan beberapa kesenian tradisional khas pada masing-masing daerah pendukung.

Tujuannya agar tamu yang datang atau degelasi api obor Asian Games tahu seperti apa bentuk kesenian khas masing-masing daerah.

Torch relay Asian Games di Kota Bukittinggi akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani. (guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *