Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Adabiah, Padang Siap Cetak Generasi Berkualitas

Wakil Pembina Yayasan Syarikat Oesha (YSO) Adabiah Padang, Bachtiar Chamsyah menandatangani prasasti tanda diresmikannya pemakaian Gedung Serbaguna Dr. H. Abdullah Ahmad, Senin (27/8).
Padang, fajarsumbar.com - Perguruan Adabiyah, Padang berupaya jadi garda terdepan mencetak generasi muda yang berkualitas. Perguruan tinggi berumur 103 tahun tersebut telah banyak menghasilkan alumni yang mengabdi baik jadi pegawai negeri maupun swasta, di Sumbar bahkan nasional.

"Adabiah berupaya menjadi perguruan jadi kiblat pendidikan nasional untuk mencetak generasi yang berkualitas sekaligus membantu pemerintah mencerdaskan anak bangsa," ujar Wakil Ketua Pembina Yayasan Syarikat Oesaha (YSO) Adabiah, Padang, Bachtiar Chamsyah, Senin (27/8).

Hal itu diungkapkan Bachtiar, saat meresmikan pemakaian Gedung Serbaguna Dr. H. Abdullah Ahmad sekaligus peringatan 103 tahun berdirinya Perguruan Adabiah Padang. "Dulunya Sumbar jadi kiblat pendidikan, di Ranah Minang ini banyak tokoh nasional dilahirkan, sehingga banyak daerah lain bahkan negara tengga belajar ke sini,' ujarnya.

Menurut mantan Menteri Sosial tersebut, Adabiah merupakan perguruan yang tertua di Sumbar yang kini telah berumur 103 tahun. Perguruan itu siap garda terdepan untuk menjadikan kiblat pendidikan dengan melahirkan generasi yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

"Bila selama ini orang berbondong-bondong untuk menempuh pendidikan ke Pulau Jawa. Ke depan kita harapkan harus dibalikkan, orang luar harus melirik Sumbar sebagai tempat menempuh pendidikan. Adabiah siap memelopori diri sebagai kiblat pendidikan nasional ini," ujarnya.

Menurutnya, bila selama ini kiblat pendidikan selalu ke Jawa, orangtua mengantarkan anaknya bersekolah dan kuliah di pulau Jawa, ke depan harus dibalikkan, orang Jawa yang harus menyekolahkan anaknya ke Sumbar. "Perguruan Adabiah tidak mengejar kuantitas, tapi berupaya melahirkan generasi yang berkualitas," tambahnya.

Keyakinan sebagai kiblat pendidikan nasional itu, karena banyak tokoh nasional yang lahir Sumatera Barat. "Mengapa sekolah yang dilahirkan di zaman perjuangan mampu melahirkan orang-orang hebat?, Pertanyaan inilah yang harus kita jawab," tambahnya.

Sebagaimana diketahhui lembaga pendidikan yang didirikan Dr. H. Abdullah Ahmad itu telah banyak memperoleh keberhasilan. Di antaranya pencapaian tingkat kelulusan 100 persen tiap tahun di semua lini pendidikan, SD, SMP dan SMA. Semua sekolah tersebut telah Akreditasi A.

Keberhasilan lain, lulusan SMA banyak yang diterima di perguruan tinggi yang ternama baik di Sumbar, maupun di luar Sumbar. SMA Adabiah meraih Adiwiyata Mandiri pada 2017 dan berbagai prestasi siswa di bidang sains dan olahraga.

Gubernur Sumbar, yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Burhasman Bur mengucapkan terima kasih atas sumbangsih Adabiah yang telah berjasa  menciptakan generasi yang berkualitas.

"Atas nama pemerintah provinsi, kami mengucapkan terima kasih kepada Adabiah yang merupakan perguruan tertua di Sumbar yang telah banyak mendidik dan menghasilkan generasi yang berkualitas," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan YSO Adabiah, Ali Asmar menyebutkan, saat ini perguruan tersebut telah memiliki gedung sergaguna baru. Gedung itu diberi nama Dr. H. Abdullah Ahmad  yang merupakan pendiri perguruan tersebut.

Menurutnya gedung itu menghabiskan anggaran Rp10 miliar. Terdiri dari pembebasan tanah Rp3 miliar dan anggaran untuk mendirikan gedung tiga lantai tersebut Rp7 miliar. "Anggaran untuk pembangunan gedung ini murni dari Yayasan Syarikat Oesaha Adabiah," tambahnya. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *