Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Bupati Tanah Datar Promosikan Wisata ke Tamu Lemhanas

Foto bersama Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Wabup Zuldafri Darma, Ketua DPRD, Anton Yondra dengan Petinggi Lemhanas Marsda TNI Baskoro Alrianto, M.Sc (Hary Satria)

Batusangkar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datat Irdinansyah Tarmizi memperkenalkan kebudayaan dan potensi pariwisata Tanah Datar kepada Peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LVIII tahun 2018 Lemhanas Rabu (29/8) dini hari di Gedung Indojolito Batusangkar.

Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu tujuan kunjungan Lemhanas untuk memperkaya pengetahuan peserta SSDN Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LVIII tahun 2018 terkait kondisi ketahanan dan potensi Kabupaten Tanah Datar.

Turut hadir dalam rombongan tersebut Wakil Gubernur Lemhanas RI, Marsdya TNI Bagus Puruhito  bersama 25 peserta dari unsur TNI/POLRI, birokrat, profesi, dan Ormas yang disambut secara resmi Bupati Irdinansyah didampingi Wakil Bupati Zuldafri Darma, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra bersama Forkopimda, serta pimpinan OPD di lingkungan pemkab Tanah Datar .

Bupati menyebutkan beberapa budaya dan kesenian daerah yang masih dilaksanaan saat ini adalah pacu jawi, makan bajamba, tari piriang, tari pasambahan, silek tradisional, dan adat istiadat yang berkembang di nagari-nagari.

Sementara dari 152 objek wisata di Tanah Datar diantaranya yang banyak dikunjungi yaitu Istano Basa Pagaruyung, Batu Batikam, Batu Angkek-angkek, Puncak Pato, Rumah Gadang Sumpu Batipuah, Panorama Tabek Patah, dan yang terbaru adalah Nagari Tuo Pariangan sebagai salah satu nagari terindah di dunia.

Irdinansyah juga meminta agar peserta Lemhanas dapat memberikan masukan dan kritikan demi kesempurnaan kepariwisataan di Tanah Datar mengingat pariwisata merupakan sektor prioritas pembangunan, jadi mohon masukan dan kritikannya sehingga kita bisa lebih baik lagi, ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyangkut pemerintahan mengatakan, hubungan antara lembaga legeslatif dan eksekutif di Tanah Datar berjalan baik .

“Dalam penyelesaian suatu masalah yang terjadi di wilayah pemkab Tanah Datar kami selalu berkoordinasi dan menyelasikan dengan duduk bersama,” ucapnya.

Ketua rombongan SSDN PPRA LVIII, Marsda TNI Baskoro Alrianto, M.Sc sebelumnya mengatakan tujuan SSDN ke Tanah Datar adalah untuk mengumpulkan, mempelajari, memahami serta melihat sejauh mana gambaran kondisi wilayah dari segi potensi daerah, pertahanan keamanan, ideologi, politik dan sosial budaya ditinjau dari aspek kesejahteraan dan keamanan.

Ia tambahkan diantaranya pengenalan budaya dan objek penting merupakan bentuk pendidikan yang dikembangkan untuk mempererat hubungan persahabatan masyarakat Indonesia dengan negara-negara tetangga.

Peserta PPRA LVIII Lemhannas berkesempatan mengunjungi objek wisata Batu angkek-Angkek, Istano Basa Pagaruyung, serta mencoba masakan khas Tanah Datar lamang tapai di Indojolito Batusangkar. (hs)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *