Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Disdik Padang Salurkan Satu Karung Uang untuk Korban Gempa Lombok

PERAGAKAN UANG - Kepala Dinas Pendidikan Padang, Barlius dan stafnya memperagakan uang yang terkumpul hasil sumbangan murid SD, SLTP pegawai dan guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Padang, Senin (13/8).(andri besman)

Padang, fajarsumbar.com - Sebagai ujud kepedulian antar sesamanya, keluarga besar Dinas Pendidikan Kota Padang menyalurkan bantuan untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan itu terkumpul Rp289,2  juta lebih. 

Bantuan itu berasal dari murid SD, SLTP se-Kota Padang, guru, pegawai di Dinas Pendidikan. Jumlah tersebut tidak tertutup akan bertambah, karena masih ada beberapa sekolah belum menyerahkannya. Karena banyaknya recehan, maka uang terkumpul hampir satu karung.Lama penggalangan dana itu dari tanggal 7-8 Agustus.

"Jumlah bantuan ini tidak tertutup kemungkinan akan bertambah, karena masih ada sekolah di kecamatan lain yang belum menyerahkan sumbangan yang dikumpulkan. Untuk saat ini telah terkumpul Rp289.272.400," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius kepada wartawan saat menyaksikan penghitungan uang infak itu yang dilakukan sejumlah staf di ruang kerjanya, Senin (13/8).

Menurut Barlius, bantuan tersebut menurut rencana akan diserahkan kepada Dinas Sosial Kota Padang. Sebagaimana target Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Padang akan menyerahkan bantuan untuk para gempa Lombok yang menelan korban jiwa mencaia 436 orang tersebut, Rp1,5 miliar. Dana itu menurut rencana digunakan untuk membuat rumah layak huni senilai Rp50 juta.

"Dana ini rencananya akan dibuatkan rumah layak huni untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa 7 SR yang menghantam dunsanak kita yang berada di Lombok ini," tambahnya.

Timbulnya inisiatif untuk mengumpulkan bantuan itu sekolah dan pegawai di Dinas Pendidikan tersebut, karena saat Sumbar dan Padang khususnya yang luluhlantak dihantam gempa pada 2009 mengakibatkan ribuan rumah tersungkur dan ratusan korban jiwa tersebut. Pada saat itu banyak bantuan mengalir ke Padang.

Pada saat daerah lain mengalami hal serupa, maka Padang, khususnya Dinas Pendidikan punya kewajiban pula untuk mengumpulkan sumbangan yang bakal diberikan kepada warga yang terkena musibah tersebut.

Sumbangan tersebut dikumpulkan sekolah-sekolah yang tersebar di 11 kecamatan, khususnya SD dan SLTP, kecuali SLTA karena tidak lagi di bawah wewenang Disdik Padang. Di Padang terdapat  408 SD 408 dan SLTP 96 unit baik negeri maupun swasta.

Dari Rp284 juta dana terkumpul di 11 kecamatan itu, Koto Tangah pengumpul sumbang terbanyak. Kecamatan yang dipimpin Syahrul tersebut terkumpul sumbangan infak dan sedekah mencapai Rp35 juta lebih.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pegawai, majelis guru, murid yang telah menyalurkan sebagian hartanya untuk meringankan beban korban gempa di Lombok tersebut. Semoga atas kemurahan hati bapak-bapak, ibuk-ibuk serta ananda, saya selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota mengucapkan terima kasih yan tak terhingga, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT," tutup Barlius. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *