SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Disparpora Mentawai akan Gelar Permainan Tradisional


Tuapejat, fajarsumbar.com - Diperkirakan 400 anak dari usia 4 hingga 7 tahun bakal mengikuti  Festival Permainan Tradisional Anak Pulau (FPTAP) yang akan digelar dinas pariwisata pemuda dan olah raga (Disparpora) Mentawai  di Tuapejat pada 8-10 Agustus 2018 nanti.

Sekretaris Disparpora Mentawai Aban Barnabas Sikaraja mengatakan, kegiatan festival yang telah menjadi program Kementerian Pariwisata dan dilaksanakan oleh Disparpora Mentawai itu bukan sekedar ajang untuk memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak.

Namun lebih dari itu, festival ini juga ingin memberikan ruang dan halaman yang luas taman bermain bagi anak-anak Mentawai.

"Ya setidaknya ada satu hari di mana anak-anak bisa kembali pada permainan masa lalu. Lewat mainan tradisional yang cirinya banyak mengasah kreativitas dan dilakukan secara berkelompok ini, perkembangan otak kiri dan otak kanan anak-anak berusaha diseimbangkan," ujar Barnabas di Tuapejat, Rabu (1/8/2018).

Selain itu, kata Aban,  digelarnya permainan tradisional ini juga merupakan upaya dalam rangka melestarikan permainan tradisional yang saat ini mulai terkikis oleh zaman, yang mana anak usia dini lebih banyak bermain gadget atau gawai dari pada berinteraksi dengan teman-temannya di luar rumah.

"Kecanggihan teknologi sekarang sudah mempengaruhi anak-anak, bahkan anak-anak di usia dini sudah main android, jadi tidak ada lagi interaksi sosial anak. Kesehatan mereka juga akan terganggu, untuk itu mungkin festival ini diadakan, sekaligus melestarikan permainan tradisional," tuturnya.

Ia menyebutkan, pihaknya telah mengusulkan sejumlah permainan tradisional Mentawai yang saat ini juga mulai langka, di antaranya Panahan Tradisional, Petak Lele, Main Gundu  atau Kelereng, main Gasingan dan permainan lainnya yang dibawa oleh peserta.

Aban yakin festival permainan tradisonal anak pantai itu bakal mendapat sambutan dengan baik. "Ya kita harapkan nanti ada 400 anak dan juga ada 100 orang dewasa yang akan menjadi pendamping kegiatan ini, dan kita sudah persiapkan semua," pungkas Aban. (ab)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *