Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Gubernur Lantik 7 Komisioner KPID Sumbar


Padang, fajarsumbar.com-- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melantik 7 Anggota Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Sumbar. Tujuh anggota KPID tersebut yakni, Afriendi Sikumbang, Robert Cenedy, Andres, Jimmy Syahputra Ginting, Melani Friati, Mardhatillah, dan Yumi Ariati.

Gubernur mengatakan, KPID memiliki peran dalam, dan tanggungjawab yang besar untuk melindungi mental masyarakat. Tanggungjawab tersebut harus ditunaikan dengan cara mencegah masyarakat terpapar dari siaran-siaran tidak mencerdaskan dan merusak.

"Karena itu kami pesankan agar pengawasan dilakukan dengan baik. Buka mata dan telinga, cek semua siaran yang ada agar masyarakat Sumbar disuguhi materi siaran yang baik," ujar gubernur kepada seluruh anggota KPID di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Padang, Jumat (24/8/2018).

Menurut Irwan, selain itu, KPID juga memiliki peran mencerdaskan masyarakat. Dilakukan dengan menjaga dan mendorong lembaga-lembaga penyiaran untuk menayangkan sajian yang edukatif dan mampu memicu penontonnya untuk mengaktualisasikan diri dan berkembang ke arah yang lebih baik.

"Ini penting dan tidak sesederhana kedengarannya. Kita kehendaki KPID mampu menjaga penyiaran yang beretika, santun, baik, sehingga dampak terhadap masyarakat yang menonton juga baik, membuat mereka bahagia, menambah ilmu, dan mendorong mereka untuk mengaktualisasi dirinya," tuturnya.

Lebih lanjut Gubernur menyatakan, memperhatikan jumlah anggota, ia sepenuhnya menyadari bahwa dua peran ini tidak mudah untuk dijalankan. Namun, bagaimanapun KPID harus siap. Apalagi, pemilihan umum sebentar lagi menjelang.

"Akan banyak ruang publik dipakai untuk kampanye. Kalau tidak dijaga, bisa saja berdampak tidak baik. Di sinilah KPID harus berani. Berani mencegah siaran-siaran yang memprovokasi kalau ada nanti," ucapnya.

Selain menjadi berani, Gubernur juga meminta KPID untuk menjaga integritas dan netralitas menjelang dan selama masa pemilihan nanti.

"Memasuki tahun-tahun politik, pandai-pandailah KPID menempatkan diri, harus netral, objektif, dan senantiasa profesional. Pesan kami, jangan sampai terkontaminasi. Tetaplah fokus dengan pekerjaan," tutur Gubernur.

Gubernur berharapan agar KPID dapat bersinergi dan bekerjasama aktif dengan Pemerintah Provinsi Sumbar dan seluruh pemangku kepentingan. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *