Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Gubernur Sumbar Perintahkan Pejabat Eselon II Berhentikan Eselon III Bila tak Loyal


Padang, fajarsumbar.com - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno (IP) menginstruksikan kepada seluruh pejabat eselon II di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk secara saksama memperhatikan loyalitas Eselon III di bawahnya. Jika memang ada yang tidak loyal, gubernur memerintahkan segera diberhentikan.

“Kepada eselon II, perhatikan eselon III masing-masing di lingkungan saudara. Kalau ada yang tidak loyal, maka segeralah proses dan diganti. Apalagi tidak loyalnya diiringi dengan ucapan yang tidak tepat kepimpinan,” ujar Gubernur dalam sambutannya usai melantik Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Benny Warlis di Aula kantor gubernur Sumbar, Selasa (21/8/2018).

Menurut gubernur, loyalitas merupakan hal esensial yang menentukan bagi sebuah instansi untuk berjalan baik. Garis instruksi akan rusak hingga menyebabkan sistem manajemen organisasi tidak berjalan. Selain itu pekerjaan organisasi tak akan terselesaikan dengan sempurna.

“Tanpa loyalitas, pekerjaan saudara tidak akan jalan, sistem manajemen juga tidak akan jalan. Coba, bagaimana mau lancar jalan kalau dalam rombongan organisasi itu ada yang tidak loyal," tegasnya.

Irwan menganalogikan OPD sebagai sebuah kendaraan yang kecepatan lajunya untuk sampai ke tujuan sangat bergantung pada kerjasama staf di bawah komando eselon II. Adanya eselon III yang tidak loyal dalam operasional kendaraan, tidak hanya akan memperlambat laju kendaraan tersebut, tapi juga menghentikannya.

“Tidak loyal ini tidak saja memperlambat, tapi bisa menghambat organisasi berlari," katanya.

Pada kesempatan itu, gubernur berpesan pada asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Benny Warlis, untuk fokus pada ekonomi pembangunan agar kesejahteraan masyarakat bisa meningkat.

Beni warlis sebelumnya adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Payakumbuh, yang juga suami dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Merry Yuliesday.

"Ada dua sekda yang menjadi asisten di Pemprov Sumbar. Satunya lagi pak Nasir Ahmad mantan Sekda Kota Padang. Tentunya mereka sudah berpengalaman," kata gubernur. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *