Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Leonardy Dorong Festival Randai di Sutera Jadi Iven Wisata


Pessel, fajarsumbar.com - Upaya pemuda Dusun Lampanjang Nagari Rawang Gunuang Malelo mempertahankan seni budaya randai sangat diapresiasi Anggota DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S. IP, MH. Menurutnya, Festival Randai se-Kabupaten Pesisir Selatan yang mereka laksanakan turut melestarikan kesenian tradisional Minangkabau.

"Kalaulah tidak karena panitia, kalaulah tidak lantaran kagum terhadap upaya anak-anak muda nagari Rawang Gunuang Malelo yang bukan hanya mempertahankan bahkan ikut melestarikan tradisi randai, gak mungkin kami bakalan sampai kemari," tegas Leonardy saat membuka festival randai itu, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Leonardy yang juga Ketua KAN di Koto Gadang Kabupaten Agam, tentu saja kagum dengan keberanian anak muda di Sutera itu untuk mengadakan acara yang beda dengan rekannya di daerah lain. Minimal mereka pasti kesulitan mencari sponsor festival tersebut.

"Mereka masih belia tapi cerdas memilih segmen acara. Pemuka masyarakat membberikan dukunhan nyata. Harus kita dorong untuk melaksanakan acara yang sama untuk tingkat Sumbar di tahun yang akan datang," ujarnya.

Dengan terlaksananya acara tingkat provinsi di Dusun Lampanjang, pegiat kesenian randai di daerah lain akan datang ke Nagari Ginung Malelo. Mereka akan tinggal dan beraktivitas beberapa hari di daerah itu. Ekonomi masyarakat di sana juga terbantu.

Dia yakin sektor pariwisata di Rawang Gunuang Malelo bakal berkembang. Sektor itu.bisa jadi usaha nagari (BUMNag). Jika terus rutin melaksanakannya, festival randai bisa jadi agenda wisata tahunan. "Kemaslah dengan baik. Wisatawan mancanegara mencari keunikan seperti ini," harapnya.

Harapan agar festival bisa ditingkatkan untuk ruang lingkup pelaksanaannya, didasari Leonardy pada fakta kegiatan telah tujuh kali dilakukan dan sukses. Dari tahun ke tahun sebagaimana laporan panitia dan pemuka nagari setempat, festival randai semakin meriah. Makin banyak pesertanya.

:Seandainya saya tahu dari awal lomba digelar tujuh tahun lalu, dimana saat itu saya masih jadi unsur pimpinan DPRD Sumbar, tentu bersama Saidal Masfiyuddin akan memberikan dorongan lebih. Dulu kami berdua banyak mendorong proyek besar di Pesisir Selatan ini," ujarnya.

H. Saidal Masfiyuddin SH, Anggota DPRD Sumbar yang merupakan putra Sutera sangat mendukung festival randai. Dia pun bakal mendorong jika festival randai ditingkatkan. Mengikutsertakan sanggar-sanggar randai dari seluruh Sumatera Barat.

Saidal juga menyayangkan, kenapa panitia baru di perhelatan ketujuh baru berani mengundang dia dan tokoh nasional Leonardy Harmainy. Jika dari awal, dia yakin medan nan bapaneh sebagai tempat sasaran berlatih sanggar Arai Pinang, tentu sudah berdiri.

Ketua Panitia, Arisan Apri Anggi menyebutkan mereka baru sekarang mengundang tokoh-tokoh besar karena prestasi Arai Pinang sudah bagus. Peserta makin banyak dan acara pun semakin meriah.

"Kami berterina kasih sekali atas kedatangan Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, Anggota DPRD Sumbar H. Saidal Masfiyuddin SH dan Anggota DPRD Pesisir Selatan Kamalus SH. Kedatangan bapak adalah kontribusi besar bagi kami. Ini motivasi bagi kami apalagi tokoh nasional mau datang ke dusun ini," ujarnya. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *