Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

LKKS Pasbar Gelar Sosialisasi Penguatan Peran LKS Posdaya


Pasbar Fajar Sumbar.com - Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menggelar sosialisasi penguatan peran LKS Posdaya tingkat Kabupaten di aula Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Senin (27/8).

Sosialisasi bertujuan untuk mewujudkan percepatan penanggulangan kemiskinan di Pasbar sekaligus upaya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesejahteraan sosial.

Sosialisasi diikuti oleh delapan puluh pengurus dan anggota LKS Posdaya dan dibuka secara resmi oleh Ketua LKKS Sumatera Barat, Nevi Zuairina.

Nevi menyampaikan bahwa kaum perempuan punya potensi besar dalam menanggulangi kemiskinan dengan cara mengembangkan wirausaha. Dengan giat berwira usaha, kaum Ibu bisa dengan sangat mudah menambah pendapatan keluarga.

"Kaum Ibu ini punya kekuatan besar. Kiat bisa entaskan kemiskinan dengan berwira usaha. Ayo berwira usaha. Bantu suaminya menghidupi asap dapurnya," pungkas Nevi.

Dikatakan, pihaknya siap membuka pelatihan bagi masyarakat untuk mengembangkan keterampilan kerja. Dengan cara tersebut diharapkan masyarakat mampu membuka usaha secara mandiri nantinya.

"Punya penghasilan Rp Lima Puluh Ribu atau seratus ribu per hari kan lumayan. Apalagi buat kaum Ibu. Bisa bantu pendapatan keluarga dengan cara seperti itu," katanya.

Sementara Ketua LKKS Pasbar, Yunisra Syahiran memandang penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Pasbar perlu diwujudkan. Penyelenggaraan kesejahteraan sosial tersebut mencakup dua hal yakni, menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"pengurus LKKS dan pengurus Posdaya harus mampu memberikan inspirasi bagi masyarakat miskin untuk meningkatkan pemahaman tentang penanggulangan masalah kemiskinan dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial," jelas Yunsira.

Yunisra juga berharap, apa berbagai bantuan yang sudah diberikan pemerintah dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat melalui LKKS dapat dikembangkan oleh masyarakat.

"Kita tidak boleh hanya menerima bantuan saja. Kita juga harus kembangkan apa yang diberikan baik itu dalam bentuk modal usaha atau pun jenis lainnya," harapnya. (andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *