Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

LLDIKTI, Pencerahan Baru Bagi PTS dan PTN


Kepala LLDIKTI, Prof. Herri, didampingi Sekretaris, Yandri A mengelar video conference dengan unsur Perguruan Tinggi di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, Rabu (1/8) di aula LLDIKTI.

Padang, fajarsumbar.com - Setelah dilantik menjadi Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, Prof. Herri menggelar video conference bersama unsur perguruan tinggi (PT) Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri.

Telekonference itu digelar Rabu (1/8) di aula kantor LLDIKTI, diikuti Sekretaris, Yandri A. Dalam temu bicara itu, Prof Herri menyosialisasikan LLDIKTI yang semula bernama Kopertis pada semua perguruan tinggi di wilayah kerjanya.

Dikatakan, LLDIKTI merupakan pengganti dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) di seluruh Indonesia. Setelah dilantik Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Herri dan Yandri ditetapkan sebagai Kepala dan Sekretaris.
Menurut Undang-Undang, kata Prof. Herri, pendirian LLDIKTI dimaksudkan tidak untuk membedakan layanan terhadap Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta.

Namun tujuannya untuk meningkatkan layanan publik, sehingga tidak ada dikotomi Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta dalam layanan terhadap peningkatan mutu, penyelenggaraan pendidikan tinggi.

LLDIKTI X merupakan satuan kerja di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang mempunyai tugas dan fungsi di bidang fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah kerjanya, Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri.
Dalam menjalankan tugas kepala LLDIKTI bertanggung jawab kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Dikatakan Herri, sebagai amanah Undang-Undang No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, perlu dibentuk Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) yang merupakan satuan kerja di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang berada di wilayah.

LLDIKTI mempunyai tugas membantu peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah kerjanya.
LLDIKTI terbentuk seiring dengan keluarnya Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) No.15/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi pada April 2018.

LLDIKTI merupakan transformasi dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) yang dahulu mengkoordinasikan perguruan tinggi swasta. Tapi kini setelah menjadi LLDIKTI juga mengkoordinasikan Perguruan Tinggi Negeri.

Dengan perubahan nama ini diharapkan memberikan pencerahan baru dimana Kopertis yang hanya mengkoordinasikan perguruan tinggi swasta sekarang juga berkoordinasi dengan perguruan tinggi negeri.

Seperti mengeluarkan izin pendirian program studi (prodi), proses kenaikan pangkat dan lainnya dapat diajukan pada LLDIKTI."Ada beberapa kewenangan yang diberikan pada LLDIKTI dan semuanya cukup diurus di sini saja,"ujar Herri. (guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *